Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget



Jurnalis Warga Jember Ikuti Pelatihan Penulisan dan Pembuatan Video Feature




 Foto: Sri Wahyunik, Jurnalis Harian Surya, Tribun Network saat sesi tanya jawab dengan peserta.

GPPJEMBER.COM: Komunitas Jurnalis Warga Suwar Suwir Jember menggelar pelatihan penulisan dan pembuatan video feature bagi para anggotanya pada Selasa (27/06/2023) yang berlangsung di Grand Cafe diikuti oleh 18 orang.

Kegiatan ini didukung oleh Pusat Pengembangan Media Nusantara (PPMN), Internews dan USAID Media. Menurut koordinator jurnalis warga Suwar Suwir Jember, Fitriyah Fajarwati mengatakan bahwa tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan para jurnalis warga Suwar Suwir Jember mengembangkan skill membuat produk jurnalistik dalam bentuk features.

Narasumber pelatihan ini mengundang 2 orang jurnalis media mainstream dan aktif dalam kegiatan AJI , Sri Wahyunik, Jurnalis Harian Surya, Tribun Network dan Mega Silvia, Jurnalis Radar Jember grup Jawa Pos.

Dalam pemaparannya Yuni menyampaikan bahwa feature merupakan ragam jurnalistik yang ditulis dengan gaya bertutur, namun juga memadukan unsur deskriptif, dan menyentuh (human interest), serta diksi yang indah, kadang disebut sastrawi.

"Tulisan ini bisa memberi pemahaman lebih kepada masyarakat, penyajian lengkap untuk pengambil kebijakan, juga lebih detil menyajikan isu yang hendak disampaikan Penyampaian sebuah persoalan bisa lebih menyeluruh, karena ada uraian dan kesimpulan" imbuh Yuni.

Para jurnalis warga sangat antusias saat mengikuti pelatihan penulisan, pada sesi tanya jawab mereka melontarkan banyak pertanyaan pada narasumber terkait menulis feature tentang layanan publik. Narasumber pun memberikan penjelasan yang mudah dipahami peserta. 

Pada sesi kedua, para peserta mendapatkan materi membuat video feature. Narasumber, Mega Silvia memberikan pemahaman apa saja yang harus dipersiapkan untuk membuat sebuah video features. Kemudian para peserta diajak untuk menonton video feature dan dilanjutkan dengan para peserta secara berkelompok ditantang untuk membuat outline pembuatan video tema kesehatan ibu dan anak.(fit)





Post a Comment

0 Comments