Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget



Pentingnya Skrining Prakonsepsi Pada Kehamilan

GPPJEMBER.COM - Untuk kehamilan tanpa komplikasi, dan kelahiran bayi yang sehat, persiapan harus dimulai sebelum kehamilan. Perawatan prakonsepsi menjadi semakin penting karena banyak pasangan menunda usia untuk mengandung sampai memasuki usia tiga puluhan. Status kesehatan prakehamilan dan gaya hidup memiliki dampak pada kelangsungan dan hasil kehamilan Anda.

Skrining prakonsepsi adalah sebuah cara yang dilakukan untuk mengetahui risiko medis, perilaku, dan kondisi sosial kesehatan seorang perempuan atau luaran kehamilan melalui cara-cara tertentu secara medis.

Menurut dr. Danny Maesadatu, Sp.OG tujuan dari skrining prakonsepsi itu sendiri, antara lain:
1. agar pasangan memiliki pengetahuan, sikap, dan perilaku yang baik terkait kesehatan sebelum kehamilan,
2. agar calon ibu memasuki kehamilan dalam kondisi kesehatan yang optimal, dan
3. untuk menurunkan risiko kehamilan yang tidak diharapkan dari riwayat kehamilan sebelumnya dengan melakukan persiapan sebelum kehamilan.

Pemeriksaan dirancang untuk sepenuhnya mengevaluasi dan menyiapkan Anda dan pasangan Anda untuk kehamilan yang sehat. Hal ini merupakan kesempatan untuk menyelesaikan segala masalah kesehatan yang ada. Jadi, kesehatan skrining prakonsepsi untuk calon ibu itu sangat penting ya. Selain untuk meningkatkan peluang hamil, kebiasaan sehat ini juga berpengaruh terhadap kesehatan janin yang ada dalam kandung dan lahirkan nanti. 

Penulis: Dhea Anggraeni

Foto: ilustrasi

 

Posting Komentar

0 Komentar