Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget



Cara Mencegah Keguguran (Part 2)


GPPJEMBER.COM - Setiap ibu hamil pasti ingin janinnya sehat. Namun, ada kalanya keguguran tak dapat dihindari. Walaupun penyebab keguguran masih menjadi tanda tanya besar dalam dunia medis. Selain faktor genetik, keguguran juga dapat terjadi karena faktor lain.
 

Ada baiknya jika ibu hamil mengetahui dan mulai melakukan hal-hal berikut yang bisa mencegah terjadinya keguguran. Diantaranya ;

• Memperhatikan asupan gizi
Memperbaiki asupan gizi sejak awal kehamilan dengan mengkonsumsi asam folat dan vitamin b12 dapat membantu perkembangan janin yang baik. Terlebih bagi perempuan yang mengalami obesitas atau memiliki bobot tubuh yang sangat kurang juga harus lebih memperhatikan asupan gizi yang dikonsumsi agar bobot janin dapat berkembang sesuai dengan usianya.

• Lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan.
Dalam kondisi sebelum hamil, mungkin seorang yang perempuan tidak terlalu memperhatikan kehigienisan dan kesehatan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Namun, ubahlah kebiasaan tersebut saat hamil di usia muda. Sebab beberapa makanan dan minuman juga bisa berbahaya bagi kesehatan janin. Misalnya minum susu segar tanpa proses pemanasan (pasteurisasi). Pemanasan tersebut berfungsi untuk menghilangkan bakteri tidak baik yang ada di dalam susu.

• Hindari mengkonsumsi nanas tape singkong tape ketan daging mentah dan sayur mentah.

• Batasi penggunaan alat rumah tangga yang menghasilkan gelombang elektromagnetik misalnya, handphone, televisi, radio dan alat elektronik lainnya. Gunakanlah alat alat tersebut seminimal mungkin dab pastikan berada di posisi aman.

• Batasi penggunaan cairan yang mengandung zat zat beracun seperti, pembasmi serangga, cairan pembersih lantai atau cairan pembersih lainnya.

• Hindari stres
Cobalah untuk mulai mengendalikan emosi dengan menghilangkan prasangka buruk dari pikiran. Bercerita tentang apa yang dirasakan dengan suami, orang tua atau teman agar pikiran menjadi lebih tenang. Bisa juga dengan mendengarkan musik yang dapat merelaksasi pikiran. Atau bida juga dengan membayangkan tentang hal indah apa yang bisa dilalui apabila janin dilahirkan lebih menggembirakan. 

• Kontrol rutin ke bidan atau dokter
Kontrol rutin ke bidan atau dokter kandungan untuk memeriksakan kehamilan sesuai jadwal adalah hal penting yang harus dilakukan. Memeriksakan kandungan secara rutin dapat mendeteksi dini jika terdapat gangguan pada kehamilan. Bidan ataupun dokter bisa menangani atau mencegahnya semakin memburuk hingga berpotensi menyebabkan keguguran. Meski sebagian besar disebabkan oleh adanya kelainan genetik pada janin, bukan berarti Anda tak bisa mencegah faktor lain yang bisa memicu terjadinya keguguran.
Dengan melakukan pola hidup sehat, mengelola stres dan kontrol rutin ke tenaga kesehatan. Dapat mencegah dan mengurangi resiko keguguran pada ibu hamil. Dan nantinya, ibu hamil selalu sehat, bahagia, dan janin dalam kandungan pun ikut sehat dan dapat lahir dengan selamat.
Semangat para ibu hamil😊😊. 

Penulis: Rita Puji Lestari

Ilustrasi: Rita Puji Lestari

Posting Komentar

0 Komentar