Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget



Layanan USG Gratis di Kabupaten Jember

Layanan USG Gratis di Kabupaten Jember

25/04/2024-JW Suwar Suwir

Upaya pemerintah Kabupaten Jember dalam menekan angka kematian ibu dan bayi baru lahir terus dilakukan. Hal ini disebabkan Angka Kematian Ibu di Jember tetap tertinggi di Jawa Timur. Salah satu upayanya adalah memberikan layanan USG gratis di setiap puskesmas. Layanan ini bisa diakses oleh seluruh perempuan asal Kabupaten Jember atau yang memiliki BPJS Kesehatan.

Layanan USG gratis yang diberikan oleh puskesmas pada ibu hamil sebanyak dua kali. USG pertama dilakukan pada trimester pertama kehamilan di usia kehamilan 1-12 minggu atau usia kehamilan 1-3 bulan. Sementara USG kedua dilakukan ketika trimester ketiga kehamilan di usia 32-40 minggu atau 8-9 bulan. USG kedua juga bisa dilakukan selain pada trimester ketiga apabila hasil dari pemeriksaan bidan / dokter disarankan melakukan pemeriksaan.

Setiap puskesmas juga memiliki kebijakan dan jadwalnya tersendiri dalam memberikan layanan USG gratis. Seperti Puskesmas Bangsalsari yang memberikan persyaratan membawa fotokopi KTP/KK dan membawa buku KIA atau buku posyandu. Sementara untuk pendaftarannya melalui nomor WhatsApp yang sudah terlampir.

Puskesmas Sumbersari memiliki alur pendaftarannya tersendiri. Untuk mendaftar layanan USG melalui mobile JKN untuk peserta BPJS dan dapat pula mendaftar melalui loket pendaftaran di Puskesmas Sumbersari. Jadwal layanan USG sudah ditentukan yakni setiap Selasa dan Jumat pukul 08.00 sampai dengan 10.00 pagi.(Elang JW) 

Posting Komentar

0 Komentar