Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget



50 Puskesmas di Kabupaten Jember Sediakan Layanan USG Gratis

Foto: Layanan USG di Puskesmas Sumbersari, terlihat ibu hamil didampingi oleh suami.

JWJEMBER: Pemerintah Kabupaten Jember beberapa tahun terakhir telah memberikan layanan Ultrasonografi (USG) secara gratis untuk ibu hamil di seluruh puskesmas. Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya untuk menekan angka kematian ibu dan angka kematian bayi (AKI/AKB).

Program layanan USG gratis untuk ibu hamil menawarkan pemeriksaan berkala sepanjang masa kehamilan setidaknya 2 kali. Pada trimester pertama dan trimester ketiga akhir.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jember, Dwi Handarisasi menjelaskan bahwa pelayanan USG  tersebut bertujuan untuk memantau perkembangan janin, mendeteksi dini potensi komplikasi kehamilan, serta memberikan perawatan yang tepat dan tepat waktu bagi ibu hamil

Dia menjelaskan, alat USG yang diberikan kepada masyarakat sudah sesuai dengan SOP karena penanganan dilakukan oleh dokter yang sudah dilatih. "Kami berharap dapat membantu mengurangi risiko komplikasi kehamilan dan meningkatkan kesejahteraan ibu dan bayi di Kabupaten Jember,"  ucapnya saat ditemui Jurnalis Warga Suwar-Suwir(26/04/2024).

Layanan USG gratis ini, lanjutnya, sudah tersedia di 50 puskesmas yang tersebar di wilayah Kabupaten Jember. Untuk mengakses, ibu hamil cukup menggunakan BPJS kesehatan atau memanfaatkan Jember Pasti Kueren (JPK). Namun, apabila berbayar, biaya pelayanannya ditetapkan Rp140.000 sekali USG. Dia meminta layanan di puskesmas itu bisa diakses di puskesmas terdekat sesuai dengan domisilinya.

Secara terpisah, Siti Maisaroh, 35, ibu hamil di Kecamatan Sumbersari mengungkapkan, rutin melakukan pemeriksaan kehamilan ke bidan. Apabila akan USG, dia mengaksesnya di Puskesmas Sumbersari menggunkan BPJS. Pada awal kehamilan dan mendekati kelahiran. "Saya sudah 2 kali USG di Puskesmas. Pertama saat di trisemester pertama, dan sekarang ini memasuki trisemester ketiga. Dengan adanya USG gratis ini sangat membantu saya, mau USG tidak mikir biaya lagi"  tuturnya. (anna)

Posting Komentar

0 Komentar