Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget



Mengurus Akta Kelahiran Lebih Mudah Melalui J-Lahbako

 



(ilustrasi: Indonesiana.id)


GPPJEMBER.COM:
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten  Jember pada tahun 2022 telah meresmikan Aplikasi J-Lahbako. Aplikasi tersebut digunakan untuk memberikan layanan Adminduk bagi warga Jember. Layanan J-Lahbako diantaranya yaitu layanan pembuatan akta kelahiran, gratis secara online. Tidak hanya pelayanan akta kelahiran namun banyak layanan administrasi kependudukan lainnya yang dapat diurus secara langsung pada kantor Desa/Kelurahan di Jember. 

Di Desa Tutul, Kecamatan Balung, Kabupaten Jember memberikan bantuan bagi masyarakat untuk melakukan akses online aplikasi J-Lahbako. Layanan tersebut dapat dilakukan di kantor Desa Tutul pada jam kerja. 

Pada Senin (5/02/2024), Dhea seorang warga desa Tutul mengurus pembuatan akta kelahiran. Ia membawa kelengkapan administrasi yaitu: Kartu Keluarga, Buku Nikah orang tua/ Fc dilegalisir dari KUA, KTP kedua orang tua, KTP dua orang Saksi, dan mengisi formulir. Berkas tersebut langsung dibawa ke kantor Desa. 

Dengan adanya program ini, masyarakat tidak perlu lagi antri panjang atau ke kantor Dispendukcapil untuk membuat Akta Kelahiran. Hal ini dapat memudahkan masyarakat untuk mengakses layanan J-Lahbako Dispendukcapil. (Dhea)

Posting Komentar

0 Komentar