Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget



Waspada Rahim Tidak Sehat

Halooo semua, simak dulu yukk..
Rahim tidak sehat itu ada lhoo 😰
Simak tanda-tandanya berikut yaa😉

Rahim merupakan salah satu organ yang sangat penting untuk proses reproduksi pada wanita. Tanpa kondisi rahim yang normal, seorang wanita berisiko mengalami gangguan kesuburan, bahkan hingga tidak bisa hamil atau memiliki keturunan. Itu sebabnya, penting untuk mengenali ciri-ciri rahim yang bermasalah.
1. Nyeri di sekitar rahim
Rasa nyeri yang timbul di sekitar rahim bisa disebabkan oleh adanya masalah pada rahim. Nyeri dapat terasa di sekitar panggul, perut, atau punggung bagian bawah.
2. Gangguan menstruasi
Gangguan tersebut dapat berupa nyeri menstruasi (dismenore), siklus haid tidak teratur, perdarahan berat atau lebih lama (menoragia), dan premenstrual syndrome (PMS).
3. Perdarahan di luar jadwal menstruasi
Sama seperti darah haid, darah ini juga keluar dari rahim melalui vagina. Namun, perdarahan terjadi di antara jadwal haid sebelum dan berikutnya. Perdarahan dapat berjumlah cukup banyak seperti darah haid pada umumnya atau berupa bercak darah.
4. Perubahan cairan keputihan
pada beberapa kasus, cairan keputihan yang keluar dapat berubah warna, tekstur, atau bau. Cairan keputihan bisa berwarna kuning, hijau, atau bahkan mengandung darah patut diwaspadai.
5. Rahim Kering
Sebenarnya rahim kering atau kering rahim tidak ada dalam istilah medis. Namun di masyarakat istilah ini kerap dikaitkan dengan infertilitas atau kemandulan. Infertilitas merupakan sebuah kondisi yang membuat wanita menjadi sulit untuk hamil dan memiliki keturunan.

Post a Comment

0 Comments