Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget



Hati- Hati Notifikasi Pemblokiran FB itu HOAX

 




GPPJEMBER.COM: Beberapa hari lalu, seorang teman sebut saja Elok (nama samaran) menunjukan sebuah tangkapan layar notifikasi dari aplikasi facebook. Di dalam notifikasi tersebut, akun Elok sedang di tandai oleh seseorang dengan nama akun  “Pemberitahuan Pelanggaran ID”. Akun “ Pemberitahuan Pelanggaran ID” tersebut  menuliskan  narasi dengan judul "Peringatan Pembokliran" yang ditulis huruf kapital seolah-olah pesan tersebut berasal dari tim Facebook tentang adanya pelanggaran identitas pengguna,  serta ancaman akan pemblokiran akun. Agar akun pengguna tidak diblokir, pengguna diharuskan mengklik link / tautan yang disematkan sebagai link pemulihan pembatalan blokir dan pemulihan akun.  Kegiatan ini sudah mengarah pada tindakan phising.

Lalu apa itu Phishing??? 

Phishing adalah sejenis penipuan di internet yang mengincar data pribadi  pengguna, meliputi nama pengguna (username), password, bahkan bisa sampai nomor kartu kredit, rekening bank, dan informasi lainnya. Penipuan ini biasanya memanfaatkan link atau tautan. Apabila tautan tersebut diklik maka kita seakan masuk "Page Support" atau "Halaman Bantuan", lengkap dengan logo Facebook dan Meta . Dihalaman  tersebut tampak seperti laman facebook asli, sehingga  pengguna yang kurang teliti, mereka akan memasukkan data mulai dr email dan password serta nama asli pengguna. yang kemungkinan nantinya akun facebook miliknya diretas.

Apa yang Harus dilakukan jika mendapati hal ini di facebook kamu?

Ada cara yang dapat dilakukan pengguna FB untuk menghindari tag atau mention dari akun yang tidak dikenal.

Langkah-langkahnya adalah pertama, klik ikon notif.

1. Kemudian klik ikon tiga titik di kanan atas lalu klik pengaturan notifikasi.

2. Setelah masuk ke pengaturan tersebut, klik menu “Tanda” lalu pilih “Hanya Teman”.

Dengan begini, hanya pengguna yang ada di daftar teman yang dapat melakukan tag atau mention.

Jika sudah terlanjur kena tag dan tidak ingin menerima notif lagi untuk ke depannya, bukalah notifikasi mengenai penyebutan akun tersebut, lalu klik ikon tiga titik di notifikasi. Setelah itu klik opsi "Hanya menerima notifikasi ditandai dari teman". Cara lainnya adalah mencari komentar yang menyebut akun, lalu klik ikon titik tiga di pojok kanan komentar. Pilih opsi "cari dukungan atau laporkan postingan", lalu pilih "hapus tanda" untuk menghilangkan penyebutan akun dari komentar tersebut. Untuk pencegahan, pengguna juga dapat menginstal antivirus yang dapat mendeteksi apakah sebuah situs web aman untuk dikunjungi atau tidak.

Selamat Siang, dan teteap berhati-hati dalam berselancar di dunia maya ya besti,,


Penulis: Rita Puji

Post a Comment

0 Comments