Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget



Kelas Bahasa Inggris Kampung Remaja Sehat, Ngobrol langsung dengan Bule Thailand. (Gak Bahaya taa? )


Pada tanggal 20 Agustus 2023, kelompok magang mandiri Mahasisswa Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu  Sosial dan Politik Universitas Jember, kembali mengadakan progam kerja (proker) terakhir yaitu “Public Speaking”. Kegiatan ini berlangsung di Kelurahan Kebonsari RW 14 Lingkungan Sumberdandang, Kecamatan Sumbersari  Jember. 

Sama hal nya dengan Kelurahan sebelum nya, Namun, sesi kali ini lebih cocok untuk dikatakan sebagai diskusi bebas antara remaja-remaja RW 14 dengan mahasiswa magang.

Materi pertama “Be Proud of Your Accent” direspon dengan sangat baik oleh remaja-remaja, karena disini terungkap salah satu  alasan penyebab mereka malu berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris ternyata karena adanya aksen/logat madura dalam bahas mereka sehari_hari. Sehingga meraka merasa kurang Percaya Diri untuk mencoba berbicara bahasa inggris.

 Dilanjutkan dengan materi Storytelling dengan para remaja yang sangat antusias dalam membaca cerita yang sudah disediakan. Mereka membaca cerita tersebut dengan sangat unik dikarenakan para remaja menggunakan logat/ dialek mereka masing-masing. Itu berarti sudah menjadi hal yang sukses dalam materi pertama tentang aksen. 

Pada akhir sesi materi, kelompok magang juga tetap menyelenggarakan sesi berbicara dengan Thanita Phakdiwiwat Seorang bule berkebangsaan Thailand yang turut hadir dalam kegiatan Kampung Remaja Sehat Kelurahan Kebonsari. .Para remaja bergantian untuk mengobrol ringan dengan Thanita,  mereka juga tampak sangat senang karena bisa berbicara secara tatap muka dengan orang asing menggunakan bahasa inggris

Usai sudah kegiatan pada hari Minggu, Tak lupa, kelompok mahasiswa magang melakukan sesi foto bersama dengan para remaja Kelurahan Kebonsari RW 14 Lingkungan Sumberdandang.

Waah senangnyaaa. yuuk Bangga dengan logat bahasa kita, mau mengobrol dengan bahasa apapun jangan malu, karena logat kita saat ini adalah ciri khas yang kita miliki. kahususnya masyarakat Jember.

( ditulis oleh Kinar Rachmawati, Mahasiswa Magang Mandiri GPP Jember, dari Jurusan Hubungan Internasional FISIP UNEJ)

Posting Komentar

0 Komentar