Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget



Perempuan: Peran, Kesehatan dan Pendidikannya

 


Kesehatan adalah kebutuhan dasar dan modal utama untuk hidup,sehingga kesehatan merupakan hak asasi manusia. Setiap orang berhak untuk hidup dan memiliki kesehatan.Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan,jiwa dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis . (UU no.23/1992 tentang Kesehatan )

Sebagian Perempuan penduduk Indonesia sampai saat ini, ternyata masih belum mampu mencapai tingkat kesehatan yang diharapkan. Hal ini tidak lepas dari tingkat pendidikan kaum perempuan yang sebagian besar masih rendah.

 Mengapa sampai terjadi demikian ?

 Hal ini karena adanya diskriminasi gender pada bidang pendidikan. Masih ada nilai-nilai budaya yang menomorduakan perempuan, maka anak perempuan umumnya tidak sampai sekolah yang setinggi-tingginya.

 Sehingga mereka hanya memiliki  ketrampilan terbatas dan hanya bisa bekerja dengan upah yang rendah.

Dan efek lain dari pendidikan yang rendah , maka pengetahuan tentang hidup sehat, kebersihan pribadi, kebersihan lingkungan, makanan yang bergizi, juga akan rendah, terutama kemampuan hidup sehat untuk dirinya sendiri.

Di pedesaan umumnya seorang ibu bekerja berat dari pagi sampai malam, pekerjaan di rumah tangga,cuci, masak, buruh dilahan orang,  mengasuh anak, membersihkan rumah, sampai menemani suaminya.

Ini sungguh aktivitas sehari-hari yang sangat berat bagi seorang ibu rumah tangga.

Tak jarang  mereka menjadi kurang memperhatikan kesehatannya ,akibatnya mengalami gangguan kesehatan. d

Sedangkan di perkotaan, seorang perempuan yang beban pekerjannya cukup tinggi pun rentan terkena gangguan kesehatan.

Padahal kita tahu bahwa: 

Modal paling beharga dari suatu bangsa adalah penduduknya.

Jumlah penduduk perempuan di negara kita lebih banyak dari separuh jumlah seluruh penduduk dan menjadi sasaran mayoritas program kesehatan.

Ibu/perempuan punya peranan penting sebagai pemelihara kesehatan keluarganya, terutama anak-anak yang semuanya masih dalam asuhan Ibu.

Ibu/perempuan punya peranan besar(menentukan) dalam meneruskan nilai-nilai kebersihan dan hidup sehat di rumah.

Jadi perempuan memiliki peran  utama dalam menentukan kualitas generasi penerus dan kualitas keluarga. Selain itu, kesehatan juga akan sangat mempengaruhi kualitas hidup perempuan itu sendiri.

Kualitas hidup dipengaruhi oleh antara lain kesehatan, pendidikan, dan ekonomi. Oleh karena jumlah kaum perempuan sangat besar dan perannya yang penting dalam pembangunan bangsa,maka salah satu modal penting yang harus kita miliki adalah derajat kesehatan yang memadai bagi kaum perempuan.


Perempuan yang sehat mempunyai kesempatan untuk memenuhi semua potensi yang ada dalam dirinya. Di samping itu,dia akan mempunyai bayi yang lebih sehat, mampu merawat keluarga dengan lebih baik lagi, dan mampu menyumbang lebih banyak dalam masyarakat. Bila perempuan sehat,maka masyarakatpun juga akan sehat.

Beban perempuan yang punya peran majemuk ini sudah terlalu banyak. Tantangan terbesar dari upaya memampukan perempuan untuk hidup sehat ialah bagaimana bisa meneruskan pesan utama ini bagi semua ,khususnya kaum laki-laki yang punya kesempatan dan peluang lebih besar dalam mengemban tanggung jawab ini. Karena itu untuk mengubah keadaan,ke arah tercapainya Indonesia Sehat, harus diupayakan sungguh-sungguh oleh semua pihak bukan hanya perempuan  dan ibu rumah tangga,tetapi juga kaum laki-laki sebagai kepala keluarga, Pemerintah dan masyarakat agar para perempuan Sehat.

Dengan pertimbangan itu, marilah kita menciptakan suatu kondisi yang memungkinkan perempuan itu diperhatikan dan memperhatikan kesehatan dirinya. Diperlukan adanya informasi, pengetahuan dan pelayanan yang memadai bagi perempuan untuk hidup sehat.(Ritsajalah dr berbagai sumber)

Posting Komentar

0 Komentar