Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget



PENTINGNYA MENGUCAPKAN MAAF dan TERIMAKASIH


Manusia makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain dalam kehidupannya. Saling berinteraksi dengan sesama dapat menimbulkan berbagai dampak positif maupun negatif. Sepandai-pandainya manusia bila tidak tepat menempatkan diri dilingkungan nya maka akan dinilai negatif oleh masyarakat. Pentingnya menciptanya hubungan yang selaras dengan sesama, penggunaan etika berkomunikasi yang tepat sangat memegang peranan penting. 

Bersikap sopan santun sesama merupakan contoh menciptakan hubungan yang selaras, akan menjadi dampak positif sesama manusia. Namun banyaknya kosakata yang bermunculan etika-etika seorang yang banyak perubahan menjadikan kata maaf dan terimakasih sedikit terabaikan. 
Bahkan kata terimakasih ini sayang sering dengar hanya saat saya melakukan transaksi jual beli. 

Dan kata maaf juga tak kalah terbaikannya. Sekarang ketika seseorang mudah bilang maaf justru dibilang baper alias bawa perasaan. Padahal kata maaf, bagi saya itu penting diucapkan, apalagi ketika kita sudah menyita perhatian orang lain dengan kepentingan kita pribadi.

Mengucapkan kata maaf dan terimakasih tidak ada salahnya. Seorang akan jauh lebih merasa dihargai jika kita menyelipkan kata tersebut. Tapi semua itu kembali lagi ke niat dan ikhlas nya seorang. Maka dari itu mari kita belajar membudayakan penggunaan kata maaf dan terimakasih. Salah satu caranya agar kita dihargai orang adalah dengan menghargai orang lain. Ketimbang sibuk menambah kosakata gaul, alangkah baiknya jika memperbanyak bilang maaf dan terima kasih dalam berinteraksi sosial. (Dhea)

Posting Komentar

0 Komentar