Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget



Pameran Karya Jurnalis Warga Suwar Suwir Jember


 Foto: Koordinator jurnalis warga Suwar Suwir Jember, Fitriyah Fajarwati, saat mendampingi para peserta tour pameran

GPPJEMBER.COM: Komunitas Jurnalis Warga Suwar Suwir Jember menyelenggarakan pameran karya Jurnalis Warga Suwar Suwir Jember bertempat di lantai 1F Lippo Plaza Jember. Kegiatan ini mendapat dukungan dari multi pihak di antaranya USAID Media, Pusat Pengembangan Media Nusantara(PPMN), Atmago, GPP Jember, Lippo Plaza, dan Internews. Pameran yang ditampilkan berupa tulisan, audio, audio visual hasil karya Jurnalis Warga Suwar Suwir Jember.  

Sejak terbentuk pada awal tahun 2021 ada 15 orang tergabung menjadi anggota jurnalis warga. Anggota nya berasal dari latar belakang berbeda-beda mulai dari ibu rumah tangga, guru, petani, karyawan, advokat, aktivis perempuan, aktivis disabilitas dll. Mereka mendapatkan pengetahuan melalui training. Selain itu, mereka juga dibekali ilmu tentang liputan bekerja sama dengan media lokal Radar Jember, Harian Surya, Tribun Network,  RRI, JTV.

Beberapa isu yang mereka tulis antara lain kesehatan ibu dan anak, pernikahan anak, stunting, angka kematian ibu dan bayi, kesehatan reproduksi remaja, kekerasan terhadap perempuan dan anak, juga  isu disabilitas. 

Pameran ini digelar  selain menampilkan karya para jurnalis warga Suwar Suwir Jember juga dijadikan ajang kampanye literasi bagi warga. Koordinator Jurnalis Warga Suwar Suwir Jember Fitriyah Fajarwati menegaskan bahwa pameran ini bertujuan untuk mengajak masyarakat Jember untuk melakukan gerakan literasi. "Menulis bisa dimulai dari hal terdekat dengan kita dengan melihat kondisi sekitar kita, memberitakan sesuai dengan fakta. Jika hal ini dilakukan secara berkelanjutan dapat memerangi hoaks" Ucapnya

Bagi warga Jember yang tidak hadir saat acara masih tetap bisa menikmati karya jurnalis warga. "Pameran bisa dinikmati warga selama seminggu ke  depan di ruangan The Forum lantai 1F Lippo Plaza Jember"tegasnya.(fit)


Posting Komentar

0 Komentar