Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget



Peran Ibu-Ibu, Mengubah Sampah Menjadi Rupiah

Foto: kegiatan ibu-ibu menjual sampah bernilai

GPPJEMBER.COM - Sampah dari rumah tangga merupakan salah satu penghasil sampah terbesar. Segala upaya penanggulangan sampah akan berhasil jika masyarakat berpartisipasi aktif untuk mengelola sampah rumah tangga salah satunya dimulai lewat peran ibu rumah tangga. Peran para ibu rumah tangga menjadi salah satu faktor yang dapat mendorong keberhasilan penanganan masalah sampah rumah tangga. 

Pengelolaan sampah rumah tangga mulai mendapatkan perhatian dari ibu-ibu warga khususnya seperti yang dilakukan warga Perum Bumi Mangli Permai Kecamatan Kaliwates.

Meskipun masih tergolong perumahan dengan pembukaan lahan baru, ibu-ibu yang tepatnya tinggal RW 13 RT 4 yaitu Dama 52D yang masih terdiri dari 10 KK mulai menggerakkan sampah. Sampah rumah tangga yang bisa didaur ulang dikumpulkan kemudian setiap satu bulan sekali akan dijual ke pengepul sampah. 

"Hasil dari penjualan sampah ini akan di masukkan kas Dama yang nantinya akan dikembalikan untuk kepentingan warga" sebut Ibu Fitri selaku ketua Dama 52D.

"Bank sampah juga merupakan salah satu kontribusi kami untuk turut serta menjaga lingkungan, untuk mengajarkan anak bahwa mengelola sampah bisa dimulai sedini mungkin" imbuhnya. (Fitriyah Fajarwati)

Posting Komentar

0 Komentar