Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget



Pengalaman Ibu Hamil Vaksinasi COVID 19


GPPJEMBER.COM - Pemerintah pada awal bulan Agustus 2021 sudah mengeluarkan kebijakan bahwa ibu hamil bisa vaksinasi COVID 19 dengan syarat tertentu salah satunya usia kandungan telah mencapai 13 minggu-33 Minggu.

Pertama kali menerima vaksin dalam kondisi hamil 18 minggu. Sebelumnya memang sudah disarankan oleh bidan yg menangani saya, karena bumil bisa bergejala berat jika terkena virus Covid. Dan sebagai bentuk ikhtiar utk memberikan proteksi diri utk ibu dan calon bayi, vaksin memang sangat diperlukan.

Memutuskan untuk vaksin bukan hal yang gampang apalagi dalam kondisi hamil. Bahkan suami sempat menentang karena khawatir dengan gejala yg akan dialami pasca vaksin. Namun saya berhasil menyakinkan bahwa keputusan vaksin ini untuk kebaikan saya dan calon bayi. Akhirnya suami menyetujui.

Selama kehamilan ini tekanan darah saya sering rendah banget biasanya stagnan di angka 90/53. Namun saat divaksin tekanan darah saya seketika normal di angka 110/70🤭 ajaib.

Selama kehamilan ini saya sering mengalami GERD (maag kronis) karena memang pengaruh dr hormon kehamilan. dan salah satu efek GERD ini mudah cemas dan khawatir, sehingga saya disarankan utk selalu sedia obat lambung. Pada hari pertama vaksin, perasaan was-was cemas. Kemudian saya menghubungi bidan apakah boleh mengkonsumsi obat lambung untuk menekan asam lambung yg mulai terasa naik. Dan jawabannya diperbolehkan. 

Hari pertama pasca vaksin tidak merasakan gejala. Kemudian hari kedua pasca vaksin saya juga tidak merasakan gejala, padahal di hari itu aktifitas terbilang padat. Begitu seterusnya hingga hari ini saya tidak merasakan gejala pasca vaksin.

Bidan sempat menghubungi saya menanyakan kondisi pasca vaksin. Dan saya bilang bahwa saya dalam kondisi sehat dan beraktifitas seperti biasa. Dan beliau bersyukur.

Sedikit catatan dr saya bahwa vaksin itu aman untuk ibu hamil yg sudah memenuhi syarat untuk vaksin. Bagi bumil yang belum yakin silahkan berkonsultasi dulu dengan bidan/dokter kandungan yg menangani. Dan bagi suami dukunglah bumil utk vaksin tujuannya demi kebaikan ibu dan calon bayi. (Fitriyah Fajarwati)

Posting Komentar

0 Komentar