Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget



Layanan USG Gratis Bagi Ibu Hamil di Seluruh Puskesmas Kabupaten Jember

Layanan USG Gratis Bagi Ibu Hamil di Seluruh Puskesmas Kabupaten Jember. 

25/Apr/2024, GPP Jember-Mengingat akan keseriusan terjadinya Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) yang memerlukan perhatian khusus baik dari pemerintah, tenaga kesehatan serta seluruh elemen masyarakat dalam penanganan ini, Jember masih menduduki posisi tertinggi dalam kasus AKI dan AKB akibat dampak keberlanjutan dari adanya Perkawinan Usia Anak (PUA). 

Pentingnya USG bagi ibu hamil untuk memeriksa kehamilan sedini mungkin, kini di Kabupaten Jember sudah menyediakan pelayanan USG Geratis di seluruh puskesmas.
Pemeriksaan USG minimal 2 kali selama kehamilan yaitu pada trimester pertama dan trimester ketiga. Pentingnya USG untuk ibu hamil terutama pada trimester pertama untuk memastikan kehamilan dan memastikan usia kehamilan, serta deteksi dini gangguan kehamilan agar dapat melakukan pencegahan sedini mungkin. USG pada trimester ketiga atau terakhir juga sangat penting guna melihat posisi bayi, menentukan HPL dan pencegahan gangguan sebelum kelahiran. 

" Kabupaten Jember Alhamdulillah tahun ini semua puskesmas sudah mempunyai USG untuk diakses oleh ibu hamil" Ujar Dewi Handarisasi kepala bidang kesehatan masyarakat kabupaten Jember. Beliau juga menyampaikan ibu hamil minimal melakukan kunjungan ke puskesmas minimal 6 kali namun bisa lebih dari 6 kali bagi bumil resiko tinggi (resti). 

Pelayanan USG geratis ini memiliki persyaratan pemilik BPJS atau memiliki kartu Jember Pasti Keren(JPK), apakah ibu hamil tidak memiliki persyaratan tersebut maka akan dikenakan tarif sebesar Rp140.000; Rupiah.

Posting Komentar

0 Komentar