Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget



Penipuan Berkedok Pekerjaan Separo Waktu

 

Iklan ini sering dijumpai di reels



Kemarin, saat scroll beranda medsos nemu iklan reels yang menawarkan pekerjaan dengan iming-iming penghasilan yang lumayan, dan bisa nginep di berbagai hotel untuk mereview hotel secara langsung.

Iseng-iseng  saya coba untuk menghubungi kontak yang tersedia menggunakan nomor hp cadangan yang sangat jarang saya gunakan. Saat di hubungi, pihak admin mengaku dari MEITA International  Hospitaly Services Group. Sampai di sini otak saya mulai berpikir 'katanya review hotel, tapi kok perusahaannya pake international hospitaly ya...

Cuplikan percakapan via whatsapp


Lanjut, setelah admin penipu menjelaskan tentang perusahaannya, dia mengatakan akan "memberikan test ujicoba " calon member sebelum masuk grup utama. Dalam test, saya sebagai calon member hanya di minta melakukan tugas kecil yakni memberi bintang 5 dan ulasan positif pada hotel yg telah di tunjuk oleh admin penipu, dan saya melakukan tugasnya, kemudian cring  masuk saldo Rp.20.000,-.

Admin penipu kembali menawarkan tugas berikutnya yakni masih sama memberi bintang 5 dan ulasan. Total yg terkumpul dari 3 tugas saat di whatsapp senilai 50rb.

Admin penipu meminta saya untuk mendownload telegram menggunakan link yang dikirim penipu. ( Ogahlah :D :D mending donlot di playstore lebih aman)

Singkat cerita saya masuk di telegram grup "kerja paruh waktu". Di grub tersebut isinya foto screnshot transferan beratus-ratus ribu dan berjuta-juta. Dalam grup tersebut, aturannya berubah. Member diminta untuk deposit atau mereka menyebutnya tugas Prabayar  dan mentransfer ke rekening admin penipu. Nantinya deposit yang dikirimkan akan mendapat keuntungan / reward yang lebih besar . Nilai deposit beragam di awal deposit ditentukan  100ribu, kemudian naik menjadi  300ribu, 500ribu, sampai dengan 2 juta atau bisa lebih ( mimin baru gabung belum seminggu jadi belum tahu nominal tertingginya berapa).



Di level deposit 100ribu, reward dan deposit langsung di berikan sesaat setelah mengerjakan tugas. Ini membuat member percaya, sehingga member pun mengikuti misi kedua yakni transfer 300ribu, nah disini mulai da kendala yakni member hanya dikirimi rewardnya saja tanpa pengembalian deposit.  Admin penipu menyatakan jika ingin uang deposit yang 300ribu kembali, maka member harus menyelesaikan misi donasi 500ribu. Dan misi ini akan terus berlanjut sampai entah nominal deposit berapa.

Sampai akhirnya karena korban tidak bisa memenuhi misi untuk mentransfer sejumlah uang yang di inginkan  admin penipu, admin penipu akan berdalih jika misi tidak diselesaikan oleh member, sehingga membuat uang  yang sudah didepositkan hangus atau tidak bisa dikembalikan.

Member yang sudah merasa curiga akan mulai mempertanyakan kejelasan pembayaran reward. Jika hal ini terjadi member tersebut dikeluarkan dan di blokir oleh admin penipu.

Penipuan ini sepertinya  dilakukan secara berkelompok, sehingga member kesulitan melacak apakah anggota grub tersebut juga member ataukah komplotan pelaku penipuan yang di libatkan oleh admin grup. Sejauh pemantauan mimin selama berada digrup telegram ada beberapa nama yang paling sering pamer reward dengan nominal fantastis dan anehnya hanya nama-nama tersebut yang dapat reward besar. Begitu mimin bertanya ke admin grup, eeeh mimin di tending dari grup telegram. Untung saja mimin masih menyimpan beberapa screenshot percakapan sebelum mimin. Aah mimin kurang sabar keknya jadi ditentang sebelum tahu akhir permainan. (buat yang ingin tau isi percakapannya, boleh deh kontak mimin)

 

Jadi tetep waspada, jangan mudah tergiur dengan iming-iming yang tidak masuk akal. Apa iya hari gini cuman memberi bintang 5 dan memberi ulasan ke  1 hotel yang tidak pernah kita kunjungi, atau cuman melaksanakan tugas mensubscribe dan like commen 1 akun youtube dan instagram  langsung dapet reward 10ribu. Lihat deh tar endingnya pasti diminta dibalikin rewardnya dengan dalih deposit.

Tingkatkan terus kewaspadaan agar terhindar dari modus kejahatan serupa dengan memperbanyak informasi. Selalu cek kebenaran informasi dengan membandingan- bandingkan di google.

Waspadalah Besti GPPJember. (ritsajalah)

 

Posting Komentar

0 Komentar