Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget



Sebelas Jurus Jitu Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi

GPP JEMBER. COM - Seringkali mendengar pengumuman orang meninggal karena terpapar Covid 19 membuat pikiran jadi paranoid. Apalagi jika dalam sehari lebih dari satu orang. Ada beberapa tips sederhana supaya tetap sehat dan bebas beraktifitas di masa pandemi.

1. Patuh protokol kesehatan untuk mencegah tertular Covid 19. Yaitu dengan menerapkan 5M, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

2. Membiasakan membawa air minum di dalam botol saat beraktivitas di luar rumah. Tujuannya saat haus biar langsung minum. Seringkali pusing, lemas dan berdebar debar disangkanya lapar ternyata itu karena dehidrasi. Atau kekurangan cairan. Meminum air putih sangat membantu. Jika masih terasa lapar barulah makan. Setidaknya bisa menunda rasa lapar.

3. Mempunyai jam biologis yang baik. Missal jam 4-5 pagi jatah BAB dan BAK. Jam 6-7 pagi sarapan. Bisa secangkir the, susu, kopi pahit tanpa gula utamanya untuk yang asam lambung hindari kopi manis, kalau yang mencium aroma kopi sudah mual jangan minum kopi, bahaya hehehe. Buah local juga bagus untuk sarapan pagi. Roti dan nasi juga bisa. Tergantung kebiasaan saja. Jam 9 malam sampai jam 3 pagi tidur malam.

4. Membiasakan minum segelas air sebelum tidur sambil berdoa semoga bangun jam 3 atau yg diinginkan dengan niat untuk ibadah. 

5. Makan dengan duduk dan piring kecil. Supaya mata puas melihat porsi makanan yang banyak dan penuh. Jadi otak sudah tersugesti kenyang dan puas melihat porsi makanannya.a

6. Makan dengan penuh penghayatan supaya mulut puas mengunyahnya. Tujuannya supaya saat sinyal kenyang teerkirim ke otak sisa porsi makanan yang masuk mulut tidak terlalu banyak. Untuk menghindarkan terlalu kenyang juga.

7. Banyak mengunyah , sedikit makan, sama dengan nomer 5 untuk memperolah rasa puas dan kenyang.

8. Membiasakan makan makanan yang sedikit proses serta mudah mengolahnya. Missal makan buah potong lebih bagus daripada jus buah. Enzymnya lebih banyak yang digunakan sehingga di tubuh lebih sehat.

9. Berbelanja sesuai kebutuhan, bukan keinginan. Membuat pengeluaran aman dan pikiran tidak berat.

10. Membeli barang berdasarkan fungsi bukan gengsi. Missal jam tangan harga 1 MIlyar dan harga 500 ribu fungsinya juga sama untuk melihat waktu. Kecuali memang punya uang banyak, hehehe.

11. Sebisa mungkin tidak berkenalan dengan hutang. Karena hutang itu enak saat meminjamnya dan berat waktu harus mengembalikan. Jika merintis usaha usahakan sesuai dengan modal yang dimiliki. Lebih menenangkan dan tidak menjadi beban. (Fifit Wulandari)

Posting Komentar

0 Komentar