Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget



Perawatan Ibu pada Masa Nifas

GPPJEMBER.COM - Masa Nifas adalah waktu Setelah melahirkan berjalan sekitar 6 sampai 8 Minggu setelah melahirkan. pada masa ini baik Ibu maupun bayi memerlukan perhatian yg intensif agar Terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan baik yang berkaitan dengan Fisik maupun Psikologis ibu dan Bayi. Perawatan yang tepat selama masa nifas ini mutlak diperlukan guna meminimalisir AKI dan AKB.

Seperti ditulis dalam Buku saku Kemenkes RI terkait Pelayanan kesehatan ibu di fasilitas dasar dan rujukan. Beberapa Tindakan yang perlu dilakukan selama Masa Nifas diantaranya adalah :                   

  1. Melakukan Kontrol atau kunjungan minimal 4 kali yaitu 6 Jam, 6 Hari, 2 Minggu dan 6 Minggu Pasca melahirkan.
  2. Periksa Tekanan darah, Pendarahan pervaginam, Kondisi Perineum, Tanda Infeksi, Kontraksi Uterus, Tinggi Fundus, dan temperatur secara rutin.
  3. Menilai fungsi berkemih, Fungsi cerna, Penyembuhan Luka, Sakit Kepala, Rasa Lelah, dan Nyeri Punggung.
  4. Pastikan kondisi Psikologis ibu baik. Bagaimana dia mendapatkan dukungan dari keluarga, Pasangan, dan masyarakat dalam merawat Bayi nya.
  5. Mendapatkan vaksin Tetanus bila perlu.
  6. Mendapatkan edukasi untuk menemui dokter jika terjadi pendarahan berlebih, sekret vagina berbau, Nyeri perut berat, demam, kelelahan atau sesak, bengkak di wajah dan alat gerak, Serta payudara terasa nyeri, atau Bengkak. 

Kondisi klinis ibu yang perlu diperhatikan selama masa Nifas diantaranya adalah : 

  1. Suhu Tubuh tidak boleh diatas 38° dalam waktu yang relatif lama, Apabila suhu tersebut tidak turun selama dua hari waspadai terjadi infeksi.
  2. Amati payudara apakah terasa nyeri, Kencang atau terasa bengkak meski sudah menyusui. Jika ini terjadi segera hubungi dokter atau fasilitas kesehatan terdekat.
  3. Pada 24 jam pertama Sulit buang air kecil dikarenakan terjadi kompres kepala bayi dan tulang pubis ibu.
  4. Nilai Hb, Hematokrit, Eritrosit akan mengalami naik turun pada 1 sampai 2 Minggu Pasca persalinan. Apabila turunnya terlalu drastis segera hubungi dokter dan fasilitas kesehatan terdekat.

Di samping kondisi  diatas ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan diantaranya adalah kebersihan diri, olahraga yang cukup terutama bagian perut, istirahat yang cukup. Gizi yg seimbang, perawatan Payudara dan cara menyusui yang tepat selama masa nifas perlu dilakukan di samping edukasi lain. Edukasi lain diantaranya adalah kapan senggama aman pasca persalinan, rencana kehamilan berikutnya serta alat kontrasepsi yang tepat. Semoga bermanfaat. (Fitri Setya Hariyanti)

Posting Komentar

0 Komentar