Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget



Lindungi Diri dari Pelecehan Seksual

Ada begitu banyak jenis dan bentuk kekerasan terhadap perempuan dan anak. Salah satunya, kekerasan seksual atau pelecehan seksual. Kasus ini di Indonesia begitu sering terjadi sejak bertahun-tahun lalu. 

Kekerasan seksual adalah tindakan yang menuju ke arah aktivitas seksual pada perempuan atau anak, baik melalui paksaan, tekanan, atau tipu muslihat tanpa persetujuan dari korban.

Ada beberapa faktor yang bisa mendorong seseorang melakukan kekerasan, baik fisik maupun seksual seperti faktor biologis, psikologis, lingkungan, dan juga situasional.

6 Tips Lindungi diri dari Pelecehan Seksual :
1. Hindari Tempat Sepi
Usahakan untuk tidak berjalan di tempat sepi sendirian. Pilihlah jalan yang lebih ramai dan terang. 

2. Waspada
Selalu waspada dengan lingkungan sekitarmu. Baik di jalan, dalam kendaraan umum, atau juga di tempat publik. 

3. Senjata
usahakan selalu sedia senjata. Bukan senjata api dan benda tajam, namun benda apa saja yang bisa kamu gunakan untuk membela diri. Seperti payung, semprotan cabai, atau kejut listrik. 

4. Tarik Perhatian
Ketika mengalami pelecehan seksual di tempat umum, jangan ragu untuk berteriak atau mengambil perhatian orang sekitar dengan cara lain. Seperti meminta tolong, memberi kode, atau lainnya. 

5. Nomor Telepon Darurat
Pastikan kamu sudah mengatur nomor telepon darurat. Sehingga, jika ada seseorang mencurigakan atau kamu sudah terancam keselamatannya, bisa langsung menghubungi orangtua, teman, atau juga polisi dengan cepat.

6. Rekam, Tatap, Foto
Jangan takut untuk merekam atau memfoto orang yang mencurigakan. Cara ini juga bisa sebagai bukti jika pihak berwenang meminta bukti.

Post a Comment

0 Comments