Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget



Edukasi seks anak usia prasekolah

Banyak orangtua yang masih menganggap pendidikan seks tabu diajarkan pada anak. Padahal, edukasi seks untuk anak usia prasekolah penting diajarkan.

Selain mengajarkan pada anak pentingnya menjaga kebersihan diri dan organ intim, edukasi seks untuk usia dini juga bertujuan menjaga anak dari pelecehan atau pun kekerasan seksual. 

Edukasi seks untuk anak usia prasekolah di fase ini adalah belajar batasan tentang bagian tubuh mana yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain, siapa yang boleh menyentuh bagian pribadi anak. 

Edukasi seks untuk anak prasekolah dimulai dengan belajar nama-nama anggota tubuhnya. Setelah anak mengenal anggota tubuhnya, orangtua dapat mengajarkan anak mana saja yang termasuk bagian pribadinya dengan nama yang benar, yaitu penis dan vagina. Hindari menyebut organ pribadi anak dengan sebutan nama lain supaya membantu anak berkomunikasi dengan jelas dengan tubuh mereka jika ada yang sakit atau gatal.

Biasakan meminta izin dulu setiap akan mengganti baju atau popok anak, dan tidak menelanjangi anak di depan umum walaupun anak masih kecil.

Post a Comment

0 Comments