Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget



Pre Eklamsi/Eklamsi, Penyebab Tingginya Angka Kematian Ibu di Kabupaten Jember.



 Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Jember Dwi Handarisasi saat ditemui Jurnalis Warga Suwar Suwir di ruang dinasnya, Jumat 19 Mei 2023. (gppjember.com)

GPPJEMBER.COM: Angka kematian ibu masih menjadi masalah di Kabupaten Jember. Data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jember menyebutkan angka kematian ibu AKI pada tahun 2022 sebanyak 58 kasus, dan data per Mei 2023 sebanyak 17 kasus. Penyebab kematian ibu terbanyak  terjadi akibat pre eklamsia/ eklamsia, perdarahan, dan infeksi.

Preeklamsia merupakan komplikasi kehamilan yang ditandai dengan darah tinggi. Ini terjadi ketika seorang ibu memiliki tekanan darah tinggi yang berbahaya selama kehamilan. Kondisi ini biasanya terjadi ketika usia kehamilan mencapai 20 minggu. Sedangkan Eklampsi merupakan kejang pada kehamillan yang ditandai dengan naikknya tekanan darah. Ada beberapa faktor yang diduga memicu preeklamsia, salah satunya riwayat preeklamsi sebelumnya juga hamil di usia kurang dari 20 tahun atau lebih dari 40 tahun.

“Sampai saat ini kami terus berupaya untuk menekan angka tersebut. Kami juga menghimbau masyarakat untuk rutin periksa kehamilan di Posyandu maupun dilayanan kesehatan lainnya minimal 6x periksa selama kehamilan” Ujar Dwi Handarisasi Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat saat ditemui tim jurnalis warga.

Upaya lain yang dilakukan oleh Dinas kesehatan yaitu dengan menyediakan USG gratis yang tersebar di beberapa Puskesmas di wilayah Kabupaten Jember sebagai deteksi dini factor preeklamsi/eklamsi  untuk pencegahan kematian ibu.


Penulis: Fitri


Posting Komentar

0 Komentar