Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget



Pentingnya Pemenuhan Nutrisi Ibu Hamil Agar Lahirkan Bayi Sehat

Pemenuhan gizi ibu hamil berpotensi besar lahirkan bayi sehat. (GPP Jember/Mega Sil)


gppjember.com - Akhir-akhir ini, pencegahan dan penurunan angka stunting gencar dilakukan pemerintah. Sebenarnya, stunting erat kaitannya dengan kesehatan ibu hamil. Sejak dalam kandungan, janin butuh nutrisi yang harus dipenuhi secara lengkap.

Agar bayi lahir sehat tanpa stunting atau gangguan kesehatan lainnya, ibu hamil perlu memperhatikan kebutuhan nutrisinya pada usia seribu hari sejak anak dalam kandungan. Inilah yang akan menentukan kesehatan hingga kecerdasannya saat dewasa.

Ahli Gizi RSD dr Soebandi Anis Nur Laili menyebutkan, nutrisi yang wajib dipenuhi oleh ibu hamil ialah protein, zat besi, vitamin C, asam folat, kalsium, dan yodium. 

Sumber protein bisa dipenuhi dengan mengkonsumsi telur dan susu. Zat besi didapat dari ikan, daging, hati, tempe, kacang hijau, dan sayuran hujau. Vitamin C didapat dari konsumsi buah-buahan berwarna.

Terpenuhinya asam folat bisa diperoleh dari sayuran hujai, vitamin C, dan kacang-kacangan. “Kekurangan asam folat bisa menghambat pembentukan tempurung kepala bayi, sehingga pembentukan otaknya juga kurang sempurna,” jelas Anis.* (mega sil)

Posting Komentar

0 Komentar