Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget



Alasan Mengapa Perempuan Harus Berpendidikan tinggi


Memperoleh pendidikan merupakan hak kita dalam bidang pendidikan. Hal tersebut telah tercantup dalam Undang-Undang Dasar Negara kita.

Namun saat ini, tidak jarang masih ditemukan stereotip gender mengenai tidak pentingnya pendidikan yang tinggi bagi perempuan oleh sebagian masyarakat. Kerap terdengar stigma mengenai perempuan yang hanya akan mengurus rumah tangga, sehingga pendidikan yang tinggi tidak diperlukan.

Hal tersebut tak jarang membuat banyak perempuan yang merasa terdiskriminasi untuk melanjutkan pendidikannya. Namun, apa selamanya perempuan hanya akan terkurung dalam stigma-stigma tersebut?

Lalu, kenapa seorang perempuan wajib berpendidikan tinggi? Jika pada akhirnya, tidak semua dari mereka memilih untuk berkarir, melainkan memilih untuk fokus menjadi ibu rumah tangga. 

Berikut beberapa alasan mengapa perempuan wajib berpendidikan tinggi :

1. Perempuan akan menjadi guru pertama bagi anak-anaknya

Pendidikan yang pertama sekaligus yang utama bagi anak ialah pendidikan di dalam keluarga. Khususnya seorang ibu, mengingat kebanyakan anak mempunyai waktu yang lebih intens dengan perempuan  yang telah melahirkannya itu dibanding dengan sang ayah yang sibuk bekerja mencari nafkah. 

Bisa dibayangkan, bila seorang ibu mengajarkan hal yang tidak baik terhadap anaknya? Atau, boleh jadi, mereka malah membiarkan anak mereka tumbuh dan berkembang dengan sendirinya mengikuti arus tanpa ada arahan apa pun. Padahal, belum tentu, arus yang diikuti oleh anak ketika berkembang membawa dampak yang baik. Bisa jadi, arus itu membawa dampak buruk yang dapat memengaruhi tumbuh kembang anak.

Maka dari itu, seorang perempuan harus  berpendidikan tinggi. Perempuan dengan kualifikasi pendidikan tinggi tentunya akan lebih mengerti bagaimana cara merawat serta mendidik anak untuk tumbuh menjadi pribadi yang baik. Mereka yang teredukasi akan terlebih dahulu menyaring setiap informasi yang mereka terima sebelum akhirnya mengajarkan hal tersebut kepada anak mereka. 

Selain itu, kecerdasan seorang anak juga berasal dari sang ibu. Hal ini sesuai dengan pendapat yang disampaikan oleh ahli genetika dari UMC Nijmegen Netherlands, Dr. Ben Hamel yang menyatakan bahwa pengaruh faktor generik sangat besar terhadap tingkat kecerdasan seorang anak, yang dimana kecerdasan itu dikaitkan dengan kromosom X yang berasal dari sang ibu. 

2. Dapat mengimbangi pasangan sekaligus menjadi tempat bertukar pikiran yang baik

Ketika berbincang, maka yang kita butuhkan ialah seseorang yang nyambung dengan topik perbincangan kita. Hal ini juga ketika mencari seorang pasangan. Kamu tentunya akan lebih nyaman berbincang dengan pasangan yang dapat mengimbangi pembicaraan kamu. Apalagi ketika kamu mengadakan deep talks yang berfungsi untuk menguji kualitas hubungan kamu. 

Sebagai seorang perempuan yang berpendidikan, tentunya tidak akan sulit baginya mengimbangi topik pembicaraanmu. 

3. Meningkatkan strata sosial 

Salah satu faktor penyebab tingginya angka kemiskinan ialah karena kurangnya pendidikan yang merata di seluruh daerah. Terutama, bagi kaum perempuan yang masih dianggap tidak penting untuk disekolahkan. 

Seorang perempuan dengan pendidikan yang baik akan dapat membantu meningkatkan taraf hidup serta kesejahteraan sosial. Hal ini dibuktikan dari pasangan yang ia miliki nantinya, yang setidaknya memiliki kualitas yang setara atau lebih baik darinya. 

Itu ialah beberapa alasan perempuan wajib berpendidikan tinggi. Jadi, jangan pernah ragu untuk menempuh pendidikan setinggi-tingginya. Jangan pula takut pendidikanmu itu dapat menyaingi pasanganmu. Pasangan yang baik ialah mereka yang ikut mendukung kesuksesanmu. Semoga bermanfaat! (ritsajalah/dari berbagai sumber)

 

Post a Comment

0 Comments