Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget



Info Perempuan: Cara Mengurus Perpanjangan SIM A dan C Di SATLANTAS Jember

 Info Perempuan

Bestie kalau mau mengurus perpanjangan SIM di Satlantas Jember Jl.Panjaitan 46 Jember, ini langkah-langkahnya.

1. Kamu bisa tiba di lokasi  pada hari Senin sampai Sabtu, mulai jam 7 pagi. Kantor Satlantas-nya sih baru buka jam 8 pagi, tapi kamu bisa ngurus perlengkapannya mulai jam 7 pagi. Kantor Satlantas akan tutup jam 12 siang, Jumat tutup jam 11 siang.

Kamu bawa SIM yang akan diperpanjang masa berlakunya, KTP, pulpen dan uang Rp. 188.000 (perpanjang SIM A), atau Rp. 183.000 (perpanjang SIM C)

2. Kamu langsung aja masuk ke Jl. Panjaitan gang VI (barat kantor Satlantas). Begitu masuk gang tampak berderet jasa foto copy di sepanjang gang. Kamu foto copy di situ, bilang aja mau perpanjang SIM. Nanti sama penjaganya akan difoto copy SIM dan KTP mu serta diberi map. Bayar Rp. 6.000.

3. Lalu kamu ke tempat tes psikologi. Tempatnya dekat foto copy an tadi. Kasihkan map dan isinya ke petugas. Kamu diminta bayar Rp. 75.000. Kamu akan diberi formulir hasil tes dan lembar jawaban tes. Kamu duduk di kursi yang disediakan. Isi form hasil tes, isi lembar jawaban tes. Soal tes ada di kursi tempatmu duduk. Jawab dengan jawaban yang bagus-bagus. Kalau ada pertanyaan apakah kamu sering mencret, atau sering ndredeg jawab saja TIDAK. Kalau kamu sering mencret atau sering ndredeg mungkin kamu susah lulus. 🤣Selesai serahkan ke loket. Kamu akan dapat surat keterangan lulus tes psikologi. 

4. Berikutnya kamu ke rumah di sebelahnya, utk tes kesehatan. Langsung aja ke meja pendaftaran dan serahkan map. Kamu diminta membayar Rp. 25.000. Petugas akan memberi kertas. Kertas diserahkan ke petugas kedua yang ada di ruangan tersebut. Petugas kedua akan menanyakan tinggi badanmu, berat badan, dan golongan darahmu. Lalu kamu akan mendapat surat keterangan sehat. 

5. Kamu langsung ke Kantor Satlantas Jember lewat pintu belakang, dekat foto copy an tadi. 

Dari parkiran kamu akan melewati pintu putar, lalu ada meja petugas di depanmu. Kamu bilang mau perpanjang SIM. Dia akan memeriksa map dan isinya lalu mempersilakan masuk.

6. Kamu masuk di ruangan untuk mengurus SIM. Ruangannya bersih dan dingin karena ada AC nya. 

Kamu langsung ke loket dekat pintu, serahkan map mu. Petugas akan memberimu formulir untuk kamu isi. Kamu duduk di barisan kursi sebelah kanan. Isi formulir sesuai contoh. Contoh dipasang besar di tembok sebelah kanan ruangan. Biasalah, nama, TTL, alamat, email. Kalau kamu lupa bawa pulpen, di situ disediakan pulpen. Tapi kalau pakai pulpen di sana, kamu nulisnya sambil berdiri, kan pulpennya diikat dengan meja. 🤣 Selesai mengisi formulir, serahkan kembali ke loket tadi. Petugas akan mengambil berkasmu dan memberimu kertas no antrian. 

7. Lalu kamu duduk aja di barisan kursi sebelah kiri depan loket kasir no 7. Kamu baik-baik saja duduk manis, tunggu nomor antrianmu dipanggil ke loket 7. Siapkan uang, perpanjang SIM A bayar 80.000, kalau perpanjang SIM C bayar 75.000.  

Begitu nomor antrianmu dipanggil, silakan maju ke loket yang disebut. Kertas nomor antrianmu kamu pegang saja, gak usah diberikan petugas.  Petugas akan membacakan namamu dan jenis SIM yang akan kamu mau perpanjang, A atau C. Kalau nama yang dibaca benar, silakan bayar. Petugas akan memberitahumu untuk ke loket 9.

8. Kamu antri lagi di depan loket 9. Tempatnya di dekat situ, cuman di bagian kanan agak menjorok ke dalam. Kamu duduk santai lagi, tunggu nomor antrianmu dipanggil. Kalau no mu dipanggil, kamu masuk ruang foto. Di situ ada cermin, silakan yang mau dandan dulu, merapikan baju biar cakep fotonya. 😀 Lalu silakan duduk di kursi depan petugas. Petugas akan membacakan nama dan identitasmu. Kalau benar kamu akan difoto. Kalau belum benar, ya datanya kamu minta dibenarkan dulu. Lalu petugas akan memintamu lihat kamera, trus difoto. Jangan tegang, sambil senyum boleh. Terus petugas akan mengambil sidik jarimu. Ada alat elektronik utk mengambil sidik jari, udah gak pakai tinta yang bikin jari-jari berwarna biru lagi. Kuno itu. 

9. Selesai prosesnya, kamu tinggal nunggu beberapa menit untuk ambil SIM baru mu yang sudah jadi. Tapi pas aku ngurus ini, katanya SIM baruku jadinya sebulan lagi, habis lebaran. Ya udah untuk sementara aku diberi surat keterangan pengganti SIM saja.

Lho kok uangnya masih sisa Rp. 2.000? Iya untuk uang parkir motor. 

Gitu dah, cara mengurus perpanjangan SIM di Satlantas Jember. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar