Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget



PENCEGAHAN STUNTING


Dalam rangka menurunkan stunting di Indonesia pemerintah telah menetapkan Strategi Nasional Percepatan penurunan stunting dalam waktu lima tahun ke depan. Dengan memperhatikan asupan gizi dan nutrisi bagi ibu hamil dan ibu menyusui, hal ini bisa juga dilakukan dengan memperhatikan pola makan dengan mengomsumsi jenis makanan beragam dan seimbang. melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin bagi ibu hamil, bayi dan balita. Mengatasi permasalahan anak yang susah makan dengan cara memberikan variasi makanan kepada anak. Menjaga sanitasi lingkungan tempat tinggal yang baik bagi keluarga.Memberikan edukasi dan penyuluhan bagi ibu hamil dan menyusui terkait stunting, pola asuh yang baik untuk mencegah stunting serta mendorong para ibu untuk senantiasa mencari informasi terkait asupan gizi dan nutrisi yang baik bagi tumbuh kembang anak.
Melakukan vaksinasi lengkap semenjak bayi lahir sesuai dengan anjuran dan himbauan IDAI. 

Sedangkan upaya yang dilakukan untuk pengobatan stunting jika anak sudah didiagnosa menderita stunting adalah sebagai berikut. Melakukan terapi awal seperti memberikan asupan makanan yang bernutrisi dan bergizi. Memberikan suplemen tambahan berupa vitamin A, Zinc, zat besi, kalsium dan yodium;
memberikan edukasi dan pemahaman kepada keluarga untuk menerapkan pola hidup bersih dengan menjaga sanitasi dan kebersihan lingkungan tempat tinggal.(Dhea)

Posting Komentar

0 Komentar