Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget



Mengenal Sepintas Kampung Remaja Sehat (KRS) yang Diinisiasi GPP Jember bersama Forjes



Kampung Remaja Sehat atau singkatnya kita sebut KRS, adalah komunitas remaja di satu lingkungan kelurahan yang digagas oleh Gerakan Peduli Perempuan (GPP) Jember bersama Forum Jember Sehat (Forjes). Sampai saat ini ada dua KRS, di Kelurahan Wirolegi dan Karangrejo Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember.
Beragam kegiatan dan materi yang diberikan kepada ramaja-remaja baik laki-laki maupun perempuan di dalamnya. Penyampaian materi serius tapi dengan gaya santai dan bersahabat. Sehingga, suasana pembelajaran tidak seperti ruang kelas formal di sekolah.
Biasanya, fasilitator yang juga merupakan relawan GPP sendiri melakukan perkenalan sekaligus pendekatan di awal pertemuan. Membuka pandangan remaja tentang masa depan. Kemudian pada pertemuan-pertemuan selanjutnya materi yang diberikan seputar kesehatan reproduksi. Seperti pencegahan perkawinan anak, seks bebas, hingga edukasi bahaya penyalahgunaan NAPZA.
Bagi remaja, kesehatan reproduksi adalah pengetahuan baru. Sehingga, dalam proses penyampainnya diberikan dengan bahasa sesederhana mungkin sambil lalu mengenalkan istilah-istilah yang berkaitan. Bertahap memberikan pemahaman mengapa kesehatan reproduksi harus didapatkan remaja.
Untuk meningkatkan keterampilan dan semakin mengasah pemahaman remaja tentang kesehatan reproduksi, remaja juga diajarkan untuk menulis, desain grafis, dan memproduksi video yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi serta mengasah public speaking.
Harapan besar remaja-remaja KRS bisa mulai memupuk kepercayaan dirinya dari lingkaran kecil yang terus dibangun. Dilatih setiap pertemuan agar menumbuhkan keterampilannya dalam berbicara dan berkomunikasi.
Minimal bisa menyampaikan gagasan dan pendapatnya sendiri. Di lingkup yang lebih besar, bisa menjadi motor penggerak teman-teman di lingkungannya untuk menyadari pentingnya kesehatan reproduksi dan bahaya perkawinan anak.* (Mega Sil)

Posting Komentar

0 Komentar