Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget



Penting, Remaja Perlu Miliki Pengetahuan Kesehatan Reproduksi


Foto: MegaSilvia

 


gppjember.com - Kesehatan reproduksi tidak hanya mencakup kesehatan organ-organ reproduksi secara biologis saja. Kesejahteraan fisik, mental, dan sosial yang utuh adalah bagian dari kesehatan reproduksi. 

Utuh dalam kesehatan reproduksi yang dimaksud tidak hanya terbebas dari penyakit maupun kecacatan. Namjn juga mencakup segala hal yang berkaitan dengan reproduksi, baik fungsi maupun prosesnya.

Perempuan dan laki-laki  perlu memahami dengan baik tentang hal ini. Sehingga, memiliki landasan psikis yang memadai dibutuhkan supaya perkembangan emosi dapat berjalan dengan baik.

Remaja adalah masa di mana terjadinya transisi dari kanak-kanak menuju dewasa. Usia-usia ini ditandai dengan beragam perubahan emosi dan psikis yang khas. Disamojng terjadi perubahan ciri fisik.

Pada fase tersebut, sangat penting bagi remaja mendapat pengetahuan  yang benar mengenai kesehatan reproduksi. Beberapa hal yang perlu diketahui remaja ialah:

1. Memahami proses, fungsi, dan sistem alat reproduksi.

2. Mengetahui penyakit HIV/AIDS dan penyakit menular seksual lainnya, serta dampaknya pada kondisi kesejatan organ reproduksi.

3. Mengetahui dan menghindari kekerasan seksual.

4. Mengetahui pengaruh media sosial terhadap aktivitas seksual.

5. Memiliki kemampuan dalam berkomunikasi, terutama membentuk kepercayaan diri dengan tujuan untuk menghindari perilaku berisiko.


Setidaknya, lima hal di atas perlu menjadi bahan pengetahuan yang dimiliki oleh remaja. Agar kesehatan reproduksi  remaja bisa menjadi perhatian khusus. Terutama bagi remaja perempuan. (Mega Silvia)



Sumber:

https://promkes.kemkes.go.id/pentingnya-menjaga-kebersihan-alat-reproduksi

Post a Comment

0 Comments