Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget



Asiknya Belajar Buat Video Bersama KRS Wirolegi Sampai Lupa Waktu


 GPP Jember - Kampung Remaja Sehat (KRS) RW 10 Kelurahan Wirolegi Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember kembali dibentuk. Pertemuan sudah dilakukan untuk yang ketiga kalinya. Dengan materi yang dikemas lebih santai dan menyenangkan, remaja mulai terbuka dan menunjukkan kepercayadiriannya.


Bertujuan ntuk memaksimalkan potensi yang dimiliki sejumlah remaja KRS Wirolegi, GPP memberikan materi videografi sederhana. Ini diambil dari ketertarikan mayoritas remaja akan konten di media sosial. 


Akhir pekan, Minggu, 15 Januari 2023 menjadi hari yang pas. Sebab remaja yang sekolah maupun kuliah sedang libur. Meski beberapa ada yang berhalangan hadir karena harus bekerja.


Dukungan datang dari tokoh masyarakat setempat. Bahkan tiga kader Posyandu RW setempat menyediakan waktunya untuk ikut menjadi bagian dari pembelajaran remaja KRS. Sehingga, remaja bertambah semangat karena mendapatkan bahan dan narasumber dalam pengambilan video.

Kelompok pertama mengambil video tentang proses pengumpulan sampah untuk diolah di bank sampah yang dimiliki Keluragan Wirolegi. Yang hasil penjualan biasanyanya akan dipergunakan untuk pembelian PMT bagi balita oleh kader Posyandu setempat. 

Kompok kedua mengangkat soal urgensi menjaga kebersihan dan bahaya jentik nyamuk. Bagaimana menjaga kebersihan air di lingkungan sekitar agar tidak menjadi tempat berkembangbiaknya jentik-jentik nyamuk yang bisa membawa penyakit demam berdarah. Salah satunya yang dilakukan dengan mengolah sampah yang ada di sekitar lingkungan. 

Dalam proses pengambilan video, kawan-kawan remaja disupport penuh oleh kader posyandu RW setempat. Salah satunya dengan kesediaan mereka menjadi narasumber dalam video. 

Remaja tampak bahagia. Sebab pembelajaran saat itu dipraktikkan secara langsung dan bukan teori semata. Usai pengambilan video, mereka diajarkan bagaimana mengedit, memasukkan backsound, hingga voice over. Yang sebelumnya diawali dengan perancangan konsep video. 

Waktu sampai tak terasa melebihi jam belajar yang seperti biasanya sudah ditentukan. Saking mengalir dan menyenangkannya pembelajaran siang itu. (Mega Silvia)

Posting Komentar

0 Komentar