Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget



Konsep Adil Dalam Kelas SPM

 

Foto: Ilustrasi seluruh murid SPM sedang melakukan permainan untuk menilai konsep adil

GPPJEMBER.COM: Sekolah Perempuan Mandiri (SPM) yang diinisiasi oleh Lembaga Gerakan Peduli Perempuan (LGPP) Jember sudah memasuki pertemuan kedelapan. Metode dan suasana pembelajaran semakin menyenangkan. Kendati tema pembelajaran yang diangkat tampak berat, Advokasi.

Yamini, mentor materi Advokasi dalam SPM, memberikan gambaran dasar terlebih dahulu mengenai konsep adil. Sebagai langkah awal menyelami apa dan bagaimana proses advokasi. Delapan murid yang hadir melontarkan definisinya masing-masing tentang adil.

Kata adil memang sudah sangat familiar terdengar. Namun, secara makna belum semua orang mampu memahami. Dalam praktiknyapun adil seringkali disalahi sebagai sesuatu yang didapatkan maupun diberikan sama rata.

Terdengar sebagai jawaban yang pas. Nyatanya, setelah dibuktikan dengan permainan sederhana, seluruh murid SPM akhirnya sepakat. Bahwa adil tak selalu sama rata.

Sebaliknya, harus berimbang, sesuai porsi dan kebutuhannya. Sebab keadaan setiap orang tidak sama, pun masalahnya.

Lahirlah regulasi dan hukum untuk mengatur. Membuat kata adil bisa diwujudkan bersama. "Adil itu tidak memihak, hukum hadir untuk mengaturnya," jelas Yamini yang juga merupakan Direktur LBH Jentera Perempuan Indonesia saat memberikan materi, Sabtu siang 26 November 2022 di Perumahan Royal City Icon Kelurahan Tegalbesar, Kecamatan Kaliwates, Jember. 

Sementara itu, Noviyanti Pratiwi, salah satu murid SPM memaparkan pendapatnya soal penerapan adil usai mempraktikkan konsep tersebut. "Semua orang mengatakan harus adil, tapi ketika diberi kesempatan orang melupakan kata adil," ujar Latar, sapaan akrab Noviyanti Pratiwi. (Mega Sil)

Posting Komentar

0 Komentar