Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget



Dukung Perempuan Disabilitas agar Tidak Menjadi Korban Kekerasan Seksual


GPPJEMBER.COM - Kerasan seksual terjadi ketika ada ketimpangan kekuasaan antara pelaku dan korban. Pelaku dengan menggunakan kekuasaannya dan kekuatannya memaksakan suatu hubungan seksual. Dampaknya bagi korban sangat menghancurkan fisik maupun psikis bahkan hingga sepanjang hidupnya.


Perempuan penyandang disabilitas ada yang mempunyai keterbatasan secara fisik dan ada juga yang mempunyai keterbatasan secara pemahaman. Kondisi tersebut acapkali dimanfaatkan oleh orang orang yang punya niat jahat. Pelaku kekerasan seksual melakukan kejahatannya saat korban tidak berdaya atau kurang berdaya dibandingkan pelaku.


Kita sebagai masyarakat, hendaknya peduli, mendukung, dan melindungi para perempuan disabilitas agar tidak menjadi korban kekerasan seksual dari orang orang di sekitarnya.


Dukungan dan perlindungan yang bisa kita lakukan untuk perempuan disabilitas agar tidak menjadi korban kekerasan seksual dari orang orang di sekitarnya antara lain:


1. Berkomunikasi dengan perempuan disabilitas secara baik, misalnya tersenyum jika bertemu, menyapa, mengajaknya bercakap, yang membuat dia merasa aman.


2. Dukung perempuan disabilitas untuk mengembangkan dirinya. Misalnya dengan memberi informasi jika ada peluang atau pendidikan untuk kemajuannya. 


3. Perhatikan perkembangan dan pertumbuhannya. Apakah ada perubahan pada fisik maupun perilakunya. Jika ada perubahan coba cari tahu, apakah ia mengalami kesulitan atau menjadi korban kekerasan seksual.


4. Jika anda tahu ia mengalami kekerasan atau kekerasan seksual segera berikan dukungan agar ia bisa dipulihkan dan pelaku mendapat hukuman yang setimpal. Misalnya dengan membantu melaporkan kepada organisasi disabilitas, organisasi perempuan, Polisi, LBH, DP3AKB, Dinas Sosial, dll.


5. Ikut menyadarkan masyarakat sekitar bahwa perempuan disabilitas adalah keluarga kita yang layak kita dukung dan kita bela dari tindak kekerasan apapun termasuk kekerasan seksual.

Posting Komentar

0 Komentar