Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget



Lewati Jadwal, Imunisasi Dasar Lengkap Tetap Harus Diberikan






GPPJEMBER.COM: 
Pada masa pandemi, kegiatan posyandu sempat terhenti yang berimbas pada kegiatan imunisasi. Pemenuhan imunisasi dasar lengkap menjadi terhambat, beberapa anak tidak di imunisasi sesuai dengan jadwal alasannya vaksin tidak tersedia, takut datang ke layanan kesehatan, anak sakit, orang tua bekerja. Padahal manfaat imunisasi dasar lengkap dapat merangsang kekebalan tubuh bayi sehingga melindunginya dari beberapa penyakit yang bahkan bsia sampai menyebabkan kematian

Dalam buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dijelaskan bahwa anak di atas 1 tahun (12 bulan) yang belum lengkap imunisasinya tetap harus diberikan imunisasi dasar lengkap. Begitu juga bagi anak di atas 3 tahun (36 bulan) yang belum lengkap imunisasinya tetap harus diberikan imunisasi dasar lengkap.

Salah seorang warga yang baru pindah ke wilayah Kelurahan Mangli menyebutkan bahwa anaknya sudah berusia hampir 1 tahun namun vaksin terakhir yang diterima masih DPT-HB-Hib 1, Polio 2. Padahal seharusnya vaksin ini diberikan saat anak berusia 2 bulan.
"Anak saya masih belum lengkap imunisasinya, karena vaksinnya sering kosong"kata salah seorang warga yang enggan disebutkan namanya.

Saat dikoordinasikan dengan kader posyandu wilayah Mangli hal tersebut langsung mendapatkan tanggapan baik. Anak dari warga tersebut langsung dijadwalkan untuk mendapatkan imunisasi di Puskesmas Mangli. Dan pada (14/5/2022) sudah mendapatkan imunisasi DPT-HB-Hib 2, Polio 3 dan PCV 2.

Hal senada juga diungkapkan oleh salah seorang warga yang baru pindah ke wilayah Mangli. Dia menjelaskan bahwa anaknya baru mendapatkan vaksin IPV saat usianya menginjak 2 tahun di Puskesmas Mangli karena di wilayah tempat tinggal sebelumnya, ketersediaan vaksin sering kosong.. Jika dilihat dari buku KIA, vaksin IPV sudah bisa diberikan kepada balita mulai usia 5 bulan.  

Sebagai warga dituntut proaktif, khususnya mereka yang baru pindah dari wilayah posyandu lain agar imunisasi dasar lengkap tetap terpenuhi. Terus berkoordinasi dengan kader posyandu setempat, untuk mendapatkan update info.

Penulis: Fitri

Posting Komentar

0 Komentar