Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget



PA Jember dan GPP Jember Tandatangani MoU Penyelenggaraan Layanan Terpadu untuk Perempuan

GPPJEMBER.COM - Rabu, 15 Desember 2021 bertempat di kantor Pengadilan Agama Jember telah berlangsung penandatanganan MoU antara Pengadilan Agama Jember dan Gerakan Peduli Perempuan (GPP) Jember untuk penyelenggaraan layanan terintegrasi bagi perempuan. Kedua belah pihak akan bekerjasama dan berbagi peran untuk memastikan tersedia, terpublikasikan dan terlaksananya berbagai layanan untuk perempuan. Usai penandatangan MoU, dilakukan publikasi layanan dengan memasang banner layanan di ruang tunggu Pengadilan Agama Jember sehingga bisa mudah diakses oleh pengunjung. 

Ketua Pengadilan Agama Jember, Drs. Ahmad Nurul Huda, M.H. menyampaikan bahwa Pengadilan Agama Jember menjalin kerjasama dengan GPP Jember dalam upaya memberikan layanan yang lebih baik bagi masyarakat terutama untuk perempuan baik pada saat proses hukum maupun paska putusan hukum. Sedangkan Dra. Sri Sulistiyani direktur Lembaga Gerakan Peduli Perempuaan (GPP) Jember pada kesempatan tersebut memberikan apresiasi yang tinggi untuk Pengadilan Agama Jember yang telah mempunyai berbagai inovasi dan langkah maju untuk mendukung perempuan dan masyarakat. Pengadilan Agama Jember memberikan bukti bahwa negara hadir untuk mewujutkan kehidupan perempuan lebih baik.  

Layanan terintegrasi untuk perempuan antara lain mencakup:

1. Bantuan Hukum

Bantuan hukum/ pendampingan hukum diberikan untuk perempuan korban kekerasan. Bantuan hukum dilakukan melalui LBH Jentera Perempuan Indonesia yaitu sebuah badan otonom di dalam lembaga GPP Jember.

2. Informasi Hukum  

Perempuan bisa mendapatkan informasi hukum yang tersedia, dan juga bisa mengajukan permintaan untuk mendapatkan informasi hukum yang dibutuhkan.

3. Konsultasi Masalah 

Bagi perempuan yang mempunyai masalah bisa melakukan konsultasi masalah kepada para konselor GPP Jember yang bisa diakses melalui web dan langsung terhubung ke chat WA secara pribadi dengan konselor yang dipilih. http://www.gppjember.com/2021/05/lbh-jentera-perempuan-indonesia.html

4. Informasi Kesehatan

Tersedia berbagai informasi kesehatan reproduksi perempuan, untuk mendukung kesehatan perempuan terutama kesehatan ibu dan bayi baru lahir.

5. Pemberdayaan Ekonomi

Kemandirian ekonomi perempuan untuk meningkatkan kepercayaan diri perempuan dalam pengambilan keputusan. Pemberdayaan ekonomi dilakukan melalui Pasar Kita. Perempuan bisa saling berniaga (swapasar) maupun berdagang untuk masyarakat umum melalui WAG Pasar Kita di 31 kecamatan dan 1 pasar induk, Facebook, dan website  http://www.gppjember.com/search/label/produk/

6. Pelatihan UMKM

GPP Jember secara mandiri maupun bekerjasama dengan berbagai pihak menyelenggarakan kegiatan pelatihan untuk peningkatan UMKM. Pelatihan tersebut antara lain tentang produksi, kemasan, branding, pengurusan ijin usaha dan pemasaran online.

7. Tanam Sayur di Rumah

Menanam sayur di rumah adalah kegiatan yang bisa berdampak baik untuk perempuan dan keluarga. Tujuannya antara lain untuk pengadaan sayur keluarga, untuk rekreasi hijau di rumah, untuk trauma healing serta mengembangkan harapan baik perempuan di setiap harinya. Melalui komunitas tanam sayur di rumah juga membuka komunikasi positif serta membuka peluang untuk berniaga benih media tanam serta hasil panen sayur antar perempuan

8. Jurnalis Warga

Jurnalis warga menyediakan ruang untuk perempuan mendapatkan pelatihan membuat materi jurnalisme berupa tulisan, audio maupun video. GPP Jember menyelenggarakan pelatihan dan liputan kolaborasi dengan berbagai media lokal seperti media berbasis tulisan, radio dan televisi. Kegiatan jurnalisme warga adalah sarana bagi perempuan untuk mengekspresikan diri, mengembangkan pengetahuan, berbagi pengalaman, menyampaikan temuan kaum perempuan. Menulis juga bermanfaat untuk trauma healing bagi perempuan penyintas kekerasan.

9. Kerelawanan

Semua orang terutama perempuan ingin menjadi orang baik dan berguna bagi dirinya sendiri, keluarganya serta bagi masyarakat. Perasaan bermanfaat bagi sesama bisa membangun semangat hidup dan harapan baik perempuan. Selain itu kerelawanan juga merupakan kegiatan pengisi waktu luang yang positif. GPP Jember memfasilitasi perempuan untuk menjadi relawan di berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan yang diselenggarakan oleh GPP Jember.  Berbagai bidang kerelawanan antara lain menjadi paralegal, jurnalis warga, pengumpulan dan pembagian donasi bagi warga kurang mampu atau warga terdampak bencana, koordinasi dan penyelenggaraan pelatihan UMKM, tanam sayur di rumah, dll.

10. Donasi  

Gerakan donasi adalah gerakan solusi dan kesetiakawanan yang dikembangkan untuk para perempuan saling mendukung. Setiap orang mempunyai barang-barang yang mungkin masih bagus namun sudah tidak terpakai, di sisi lain ada orang lain yang membutuhkan namun belum bisa membelinya. Maka dengan saling berdonasi antar perempuan bisa saling menguatkan. Dalam kegiatan donasi perempuan bisa memberikan donasi berupa uang maupun barang, atau bisa juga perempuan yang membutuhkan bisa menerima donasi yang dihimpun oleh GPP Jember.

Layanan terintegrasi untuk perempuan bisa diakses melalui
http://www.gppjember.com atau melalui WA 081336194530. (Sul)

Foto: Pengadilan Agama Jember

Posting Komentar

0 Komentar