Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget



Jurnalis Warga Jember Mengadakan Liputan Kolaborasi Bersama Radar Jember Tentang Upaya Pencegahan AKI AKB

JEMBER, GPPJEMBER.COM - Pada hari Kamis, tanggal 10 Juni 2021, telah terselenggara kegiatan liputan kolaborasi jurnalis warga di Jember dengan media Radar Jember dalam upaya pencegahan AKI (Angka Kematian Ibu) dan AKB (Angka Kematian Bayi) di Kabupaten Jember. Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama PPMN (Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara), Internews, USAID, Radar Jember dan Gerakan Peduli Perempuan (GPP) Jember. 

Peserta liputan kolaborasi kali ini ada dua orang yaitu Nurhayati dari Gerkatin (Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia) yang didampingi oleh penterjemah bahasa isyarat Anis Yulia Rahman, serta Nurul dari Fatayat NU Jember. 

Kegiatan dimulai jam 09.00 WIB dengan berkumpul di kantor Radar Jember. Para peserta liputan kolaborasi mendapatkan pengarahan dari Koordinator Jurnalis Warga GPP Jember Sri Sulistiyani. Pengarahan disampaikan untuk menyamakan tujuan liputan, yaitu untuk meliput dan menulis dengan tema pencegahan perkawinan anak dalam upaya penurunan angka kematian ibu dan bayi baru lahir. Selanjutnya briefing dan pembekalan peserta dilakukan oleh wartawan senior Radar Jember yang juga merupakan sekretaris AJI (Aliansi Jurnalis Independen) Jember yaitu Mahrus Sholih.  Mahrus Sholih selaku mentor menyampaikan materi tentang strategi dan etika dalam liputan, serta tata cara penulisan hasil liputan.

 Briefing oleh mentor sebelum liputan. Peserta Tuli didampingi oleh penterjemah bahasa isyarat selama kegiatan berlangsung


Peserta liputan kolaborasi jurnalis warga bersama mentor selanjutnya menuju kantor DP3AKB (Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana) Kabupaten Jember untuk menemui narasumber Bapak J. Anto Budi N. selaku Plt. Kepala Bidang Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera untuk wawancara.

 

 J. Anto Budi N. selaku Plt. Kepala Bidang Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera, DP3AKB Kab. Jember

 

Setelah kegiatan liputan, peserta melakukan evaluasi liputan dan kemudian kembali ke kantor Radar Jember untuk menulis hasil liputan. 

 
 
 Nurul, salah satu peserta sedang menulis materi

 

  
 Evaluasi liputan

Kegiatan liputan kolaborasi ini mendapat tanggapan positif dari DP3AKB Kabupaten Jember. Plt Kepala Bidang Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera DP3AKB Kabupaten Jember Bapak J. Anto Budi N. menyampaikan apresiasi untuk jurnalis warga yang telah bersama-sama berupaya  menurunkan AKI  dan AKB di Kabupaten Jember dengan menyebarkan informasi melalui berbagai media untuk bisa diakses oleh masyarakat Jember. (Sri Sulistiyani)





 




Posting Komentar

0 Komentar