Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget



Layanan Kesehatan Ibu dan Bayi Baru Lahir di Jember Memuaskan

Hasil survey persepsi warga tentang kepuasan terhadap layanan kesehatan 
ibu dan bayi baru lahir di Kabupaten Jember

 

JEMBER, GPPJEMBER.COM - Gerakan Peduli Perempuan (GPP) Jember pada rentang waktu bulan Februari 2021 hingga bulan Maret 2021 melakukan survey kepada 60 orang perempuan pengguna layanan kesehatan ibu dan bayi baru lahir di Kabupaten Jember untuk mengetahui persepsi mereka terhadap layanan kesehatan ibu dan bayi baru lahir di Kabupaten Jember.

Responden adalah 60 orang ibu hamil, ibu melahirkan, ibu yang punya bayi maksiml usia 1 tahun. Responden dipilih secara acak berdasarkan informasi dari petugas Puskesmas, bidan, kader posyandu, dan masyarakat yang bisa dihubungi pada rentang waktu survey yang telah ditentukan dengan cepat dan bersedia ditemui untuk dilakukan wawancara oleh enumerator independen.

Survey dilakukan dengan mewawancaraI secara langsung 60 orang responden. Enumerator adalah pihak independen yang terdiri dari 4 orang relawan dan mahasiswa.

Hasil survey menunjukkan bahwa tingkat kepuasan responden terhadap layanan kesehatan ibu dan bayi baru lahir adalah sbb:

  • 5% responden menyatakan sangat puas dengan alasan lokasi layanan dekat rumah dan layanan bagus.
  • 78% responden menyatakan puas dengan alasan layanan baik, kenal petugas, layanan sesuai kebutuhan.
  •  10% responden menyatakan tidak puas dengan alasan layanan ditutup pada masa pandemic, pernah punya pengalaman tidak menyenangkan, vaksin untuk bayi tidak siap, jadwal operasi ditunda karena ada yang lebih gawat, diagnose berganti-ganti. 
  • 0% responden menyatakan sangat tidk puas. 
  • 7% responden menyatakan tidak tahu dengan alasan selalu menggunakan jasa dokter pribadi, tidak menggunakan layanan kesehatan untuk ibu dan bayi baru lahir yang disediakan pemerintah. (Sri Sulistiyani)

Posting Komentar

0 Komentar