Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget



Langkah yang Perlu Diambil pada Kasus Kehamilan Tak Dikehendaki


GPJEMBER.COM - Kehamilan merupakan peristiwa yang selayaknya disyukuri oleh pasangan suami istri dan keluarga. Sebagai suatu kebahagiaan yang telah dinanti-nanti. Namun kenyataan tak selalu demikian. Ada kondisi dimana kehamilan hadir namun tak dikehendaki oleh pasangan calon orang tua dan keluarganya.

Beberapa penyebab kehamilan tak dikehendaki, antara lain adalah kesulitan ekonomi, sudah mempunyai banyak anak, kondisi ibu yang sedang sakit, usia ibu terlalu muda atau terlalu tua, kehamilan di luar nikah, kehamilan pada ibu korban KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga), kehamilan akibat perkosaan, dll..

Apa yang perlu kita lakukan jika menemukan kasus kehamilan tak dikehendaki di sekitar kita? Di sini pentingnya kepedulian masyarakat dalam lingkungan sosial si ibu. Bahwa kepedulian masyarakat sekitar bisa membantu dan menyelamatkan ibu dan janinnya. Tujuan diberikan bantuan agar si ibu tidak semakin terpuruk yang bisa berakibat fatal yaitu terjadinya kematian ibu dan bayi baru lahir. Selain itu bantuan dan dukungan kepada ibu juga untuk mencegah terjadinya kasus pidana pada ibu, misalnya seperti kasus ibu yang membunuh bayinya sendiri karena panik dan putus asa. Perlu dicari solusi terbaik untuk masing-masing permasalahan sesuai dengan kondisinya.

Pada kasus kehamilan tak dikehendaki akibat masalah ekonomi, maupun banyak anak pertolongan bisa diberikan berupa dukungan finansial. Hal tersebut dibutuhkan untuk biaya kehamilan, persalinan, perawatan paska kelahiran. Juga sangat diperlukan dukungan psikis agar ibu bisa menjaga kesehatannya dan janin/ bayinya. Jika si ibu menginginkan bisa dibantu untuk mendapatkan orang tua asuh/ angkat/ adopsi bagi bayinya.

Pada kasus kehamilan tak dikehendaki karena KDRT, ibu membutuhkan dukungan advokasi baik penyelesaian secara hukum maupun secara sosial dan ekonomi. 

Kehamilan tak dikehendaki karena alasan kesehatan, usia terlalu muda maupun terlalu tua membutuhkan penanganan khusus secara medis. Perlu kontrol kesehatan lebih sering, perlu dijaga kesehatan. Pertimbangan kesehatan menjadi hal yang utama.

Pada kehamilan tak dikehendaki akibat perkosaan membutuhkan penanganan yang lebih serius dan menyeluruh. Mulai dari pendampingan psikis, ekonomi, hukum, medis, shelter, dll. Juga ada kemungkinan untuk pengguguran kandungan jika kondisi ibu tidak memungkinkan melanjutkan kehamilannya dengan alasan medis, psikis. Hal tersebut dikarenakan kemungkinan trauma kejiwaan berat yang bisa berakibat fatal bagi keselamatan ibu dan janinnya jika kehamilan dilanjutkan.

Bagi masyarakat luas jika menemukan kasus kehamilan tak dikehendaki di sekitarnya sebaiknya segera memberikan bantuan baik secara swadaya masyarakat maupun melaporkan untuk meminta bantuan pada pihak terkait misalnya RT/RW, perangkat desa,
petugas medis, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, DP3AKB (Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana). (Sri Sulistiyani)


Foto/ animasi: Rita Puji Lestari

 


Posting Komentar

0 Komentar