Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget



Kesehatan Ibu dan Anak yang Terlalu Sering Melahirkan

 

GPPJEMBER.COM - Mempunyai seorang anak adalah anugerah terindah bagi setiap pasangan. Tapi bukan berarti setiap pasangan harus memiliki banyak anak. Seperti pepatah mengatakan " banyak anak, banyak rezeki". Hal ini tidak berlaku diera sekarang, karena semakin perempuan sering melahirkan dengan jarak yang berdekatan akan beresiko bagi kesehatan ibu dan anak:

  1. Risiko placenta previa dan plasenta akreta meningkat. Placenta previa adalah kelainan letak plasenta yang seharusnya di atas rahim malah di bawah, sehingga menutupi jalan lahir.

  2. Meningkatnya intervensi dalam persalinan seperti pemasangan infus atau induksi (rangsangan) agar tanda persalinan muncul. Induksi bisa dilakukan dengan pemberian obat-obatan atau memecahkan kantung ketuban.

  3. Usia ibu yang terlalu tua juga menyebabkan risiko kecacatan janin, komplikasi pada ibu (preeklampsia atau diabetes gestasional).

  4. Risiko bayi dilahirkan prematur akibat jaringan parut dari kehamilan sebelumnya bisa menyebabkan masalah pada plasenta bayi. (Reni Nurhapsari)


Posting Komentar

0 Komentar