Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget



Ibu Hamil Perlu Dijamin Kesehatannya

 

 

JEMBER, GPPJEMBER.COM - Setiap ibu hamil sangat berharap untuk mendapatkan bayi yang sehat dan kehamilan yang tidak bermasalah.
Namun demikian, masih banyak ibu dan remaja putri meninggal karena masalah kehamilan dan melahirkan. Ada juga yang mengalami komplikasi kehamilan dan banyak dari peristiwa tersebut yang meninggalkan bayi infeksi bahkan meninggal dunia.

Ibu hamil perlu di jamin sejak pra hamil sampai pasca melahirkan dg:

  1. Dukungan keluarga dan cukupi kebutuhan gizi untuk ibu hamil

  2. Ibu bisa memiliki akses terhadap pelayanan kesehatan mulai dari saat hamil, paling sedikit 2kali selama masa awal kehamilan dan 2 kali menjelang prediksi bulan kelahiran

  3. Pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan terlatih. 

  4. Perawatan pasca persalinan bagi ibu dan bayi, perawatan khusus dan rujukan jika terjadi komplikasi,pasca melahirkan dimulai dari enam jam sampai 42 hari setelah bersalin, dan bayinya mendapatkan perawatan serta pemeriksaan pada saat lahir, pada usia 6-48 jam, pada usia 3-7 hari, dan pada usia 8-28 hari.

 Namun, di lapangan banyak perempuan (Ibu) yang masih kesulitan untuk memperoleh pelayanan kesehatan berkualitas disebabkan oleh kemiskinan, jarak ke tempat pelayanan kesehatan, kurangnya informasi, pelayanan yang kurang memadai dan mitos (adat istiadat)

Disinilah Tugas keluarga serta peran Pemerintah Daerah dengan dukungan Lembaga Terkait bertanggung jawab untuk mengatasi berbagai masalah ini guna menjamin bahwa perempuan menerima pelayanan kesehatan yang berkualitas yang mereka perlukan untuk mengurangi Angka kematian ibu dan bayi baru lahir. (Rita Puji Lestari)

Posting Komentar

0 Komentar