Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget



ASI Eksklusif dan Keajaibannya

 

GPPJEMBER.COM - Asi eksklusif adalah pemberian ASI (Air Susu Ibu) sejak bayi baru lahir sampai usia 6 bulan. Mengapa sampai 6 bulan? Karena dalam usia 6 bulan pertama bayi belum memiliki enzim pencernaan yang sempurna sehingga tidak mampu untuk mencerna dan menyerap makanan dan minuman selain ASI. 
 
Apa saja kandungan ASI? ASI mengandung air, karbohidrat (laktosa), lemak (omega 3, omega 6), DHA, ARA, protein, vitamin (vitamin A, B, C, E) , asam folat, dan mineral (kalsium dan zinc). Dalam ASI juga terkandung Karnitin yang berfungsi membangun sistem imun dan mempertahankan metabolisme tubuh. Dan yang terpenting adalah Kolostrum yaitu ASI berwarna kekuningan yang keluar pada 1-5 hari pertama pasca melahirkan, dalam Kolostrum ini terkandung Imunoglobin A tinggi yang merupakan antibodi yang sangat penting untuk bayi. 
 
Dengan begitu banyak dan lengkapnya kandungan ASI maka dapat disimpulkan manfaat ASI eksklusif, antara lain :
  1. Melindungi bayi dari berbagai macam penyakit seperti : diare, pneumonia, meningitis, dan infeksi saluran kemih
  2. Mengurangi resiko kematian bayi
  3. Membantu perkembangan otak bayi
  4. Membantu tumbuh kembang bayi (berat dan tinggi bayi)
  5. Selain untuk bayi, pemberian ASI juga bermanfaat untuk kesehatan ibu, seperti :
  6. Mengurangi resiko pendarahan pasca melahirkan
  7. Mengurangi resiko kanker payudara dan kanker ovarium
  8. Sebagai KB alami
  9. Membantu kembalinya berat badan yang ideal
Pemberian ASI juga merupakan cara paling efektif untuk membentuk ikatan batin antara ibu dan bayi, karena saat proses menyusui ini akan memunculkan rasa tenang, kedekatan dan cinta kasih antara ibu dan bayinya.
 
Setelah berusia 6 bulan, kemudian bayi mulai diperkenalkan asupan tambahan berupa makanan pendamping ASI dan dianjurkan untuk tetap memberikan ASI sampai usia 2 tahun agar memperoleh manfaat maksimal dari ASI. (Ana Laili Manggarani)

Posting Komentar

0 Komentar