Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget



Stress Yang Dialami Remaja Banyak Cirinya

 


            Remaja merupakan salah satu istilah yang familiar, sebab kita sering mendengarnya dalam kehidupan sehari-hari. Remaja biasanya disematkan pada mereka yang berumur di atas 10 atau 12 tahun. Tingkahnya yang penuh energik kerap menjadi salah satu ciri untuk mengenalinya. Remaja adalah suatu masa di mana:


1. Individu berkembang dari saat pertama kali ia menunjukkan tandatanda seksual sekundernya sampai saat ia mencapai kematangan seksual.
2. Individu mengalami perkembangan psikologis dan pola identifikasi dari kanak-kanak menjadi dewasa.
3. Terjadi peralihan dari ketergantungan sosial-ekonomi yang penuh kepada keadaan yang relatif lebih mandiri

            Pada masa-masa remaja ini terkenal bersifat labil yang mudah terpengaruh oleh temannya. Saat remaja juga banyak-banyaknya tugas sekolah yang lagi dikerjakan setiap harinya.
Pada terjadinya pembelajaran online saat 2 tahun yang lalu, banyak remaja yang terkena mental dan kerap mengalami stres. Lalu banyak remaja yang ditemuka tiba-tiba tidak bernyawa yang disebabkan karena kurangnya menjaga kesehatan.

            Stres adalah suatu keadaan psikologis individu yang disebabkan karena individu dihadapkan pada permasalahan internal seperti adanya permasalahan yang terpendam sendiri lalu sampai mengalami stres akut. Berbagai hal yang sering membuat remaja mengalami stres adalah masalah kehidupan sosial, seperti hubungan keluarga, percintaan, pertemanan, hingga persoalan akademis di sekolah. Tekanan-tekanan tersebut bisa menjadi penyebab stres pada remaja dalam tingkat ringan, namun jika dibiarkan dalam waktu lama akan menyebabkan depresi.

            Ketika remaja sedang stres, mereka akan menunjukkan ciri-ciri berikut ini
1. Kehilangan motivasi dan semangat dalam beraktivitas seperti biasa, bahkan terhadap apa yang disukai
2. Menyendiri, mengurung diri di kamar dalam waktu yang lama untuk menenangkan pikiran dan perasaan
3. Kehilangan nafsu makan
4. Susah tidur
5. Sulit konsentrasi
6. Penurunan daya ingat
7. Apatis
8. Merasa sedih
9. Cemas
10. Putus asa
11. Cenderung melakukan hal-hal negatif
12. Muncul keinginan bunuh diri

Posting Komentar

0 Komentar